Bawang putih tunggal dikenal juga dengan sebutan solo garlic atau single clove garlic. Bawang putih tunggal merupakan jenis bawang putih dengan karakteristik unik.

Jika bawang putih biasa tumbuh dalam beberapa siung, bawang putih tunggal hanya memiliki satu siung. Sama seperti bawang lainnya, ia juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi lainnya.

Uniknya, bawang putih tunggal ini memiliki bentuk bulat dan warnanya jauh lebih putih dari bawang biasa. Bawang putih tunggal lebih sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Diketahui khasiatnya beraneka ragam untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Apa saja manfaat bawang putih tunggal? Berikut rangkumannya.

Sebagai obat penurun Kolesterol

Kandungan allicin dalam bawang putih tunggal mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh. Lebih dari 12 penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih tunggal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 12% setelah mengonsumsinya selama 4 minggu.

Dapat mencegah penyakit Kanker

Baca Juga: Sering Alami Migrain? Waspada, Bisa Jadi Tanda Hipertensi Lho!

Bawang putih tunggal mampu mencegah penyakit mematikan yaitu penyakit kanker, terutama penyakit kanker perut dan kanker usus besar. Kandungan organosulfida pada bawang putih tunggal dapat membantu kinerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh. Termasuk racun yang menyebabkan kanker perut dan kanker usus besar.