Menu

Bantu Buka Akses Pasar Nasional, Tokopedia Berikan Pelatihan untuk Mendukung UMKM

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
16 September 2021 19:00 WIB
Bantu Buka Akses Pasar Nasional, Tokopedia Berikan Pelatihan untuk Mendukung UMKM

Tokopedia Virtual Media Briefing: Peran UMKM Maker dan Reseller Lokal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. (Press Release/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

UMKM kini menjadi salah satu sektor perekonomian yang mengalami peningkatan signifikan dan cukup berperan dalma pemulihan ekonomi nasional. Hal ini diungkapkan pihak Tokopedia pada acara Virtual Media Briefing: Peran UMKM Maker dan Reseller Lokal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional pada Kamis (16/9).

Menurut Puput Hidayat, AVP of Product Tokopedia, hampir 100 persen penjual di Tokopedia merupakan penjual UMKM.

"Hampir 100 persen merupakan penjual UMKM. Mungkin 94 persen itu berskala ultramikro. Jadi, benar-benar oang-orang yang baru mulai atau bahkan baru berkenalan dengan kanal digital untuk berjualan," ungkapnya.

Untuk mendukung UMKM juga Tokopedia memberi dukungan dengan memberikan program pendampingan untuk para pegiat usaha. Tokopedia juga menjalin kerja sama dengan berbagai macam pihak terkait agar lebih banyak pelaku UMKM bertransformasi digital.

"Program yang kita punya seperti program pendampingan. Jika sudah tergabung dengan Tokopedia bisa langsung ke pusat edukasi Tokopedia atau berkenalan dengan fitur-fitur yang ada di Tokopedia," kata Puput.

Pelatihan tersebut diharapkan bisa menginspirasi para pelaku usaha yang belum bergabung untuk bisa merambah sampai ke dunia digital.

Hingga kini, Puput mengatakan bahwa hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami peningkatan penjualan selama pandemi. Namun, provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan dinilai mengalami peningkatan penjualan yang paling tinggi.

Share Artikel: