Menu

Anti Pusing-pusing Club! Begini Saran Dokter Menyikapi Anak Picky Eater

Riana Agustian
23 September 2021 10:30 WIB
Anti Pusing-pusing Club! Begini Saran Dokter Menyikapi Anak Picky Eater

Ilustrasi Anak Picky Eater (Odyssey/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Masalah anak susah makan merupakan problematika Moms se-Indonesia Raya yang kerap bikin sakit kepala dan putus asa. Meski begitu, masalah ini harus segera diatasi, Moms.

Menurut Dokter Spesialis Anak di RS Balimed Buleleng, Bali, dr. Lucky Yogasatria, Sp.A., kesulitan makan sendiri adalah semua hal yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengonsumsi makanan yang dibutuhkan dalam jumlah dan jenis yang semestinya. Ada yang anaknya hanya mau makan makanan tertentu saja (picky eater) atau ada pula yang sengaja melakukan gerakan tutup mulut (GTM) saat waktu makan tiba.

Lantas, bagaimana dong cara menyikapi anak picky eater tersebut?

dr. Lucky bilang, memang benar, untuk membuat anak mau makan apa saja atau tak pilih-pilih makanan, bukanlah proses yang singkat dan mudah. Namun, orang tua pun harus sabar dalam membiasakan anak makan makanan bergizi.

Pertama-tama yang bisa dilakukan orang tua adalah menghindari langsung mengomel atau membentak anak ketika ia tak mau makan. Kata dr. Lucky, memarahi anak picky eater justru hanya membuatnya makin malas makan dan takut untuk mencoba makanan yang baru.

“Peran orang tua menjadi krusial agar picky eating tak menjadi berkelanjutan dan membawa dampak negatif pada anak. Karenanya, orang tua lebih sabar saat menghadapi anak yang sedang berada di fase itu. Perkenalan makan itu sendiri sebaiknya dilakukan 1-15 kali, dan harus konsisten ya,” tutur dr. Lucky, kepada HerStory, saat sesi webinar belum lama ini.

Selain itu, kata dr. Lucky, orang tua juga bisa mengatasinya dengan menerapkan feeding rules.