Menu

Sering Merasa Lapar? Bisa Jadi Akibat Kurang Konsumsi Protein! Ini Penjelasannya...

11 Mei 2020 14:30 WIB
Sering Merasa Lapar? Bisa Jadi Akibat Kurang Konsumsi Protein! Ini Penjelasannya...

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu sering merasa lapar? Bisa jadi itu tanda bahwa tubuhmu kekurangan protein lho. Pasalnya mengkonsumsi protein cukup penting untuk mengendalikan nafsu makan.

Protein memiliki sifat mengurangi rasa lapar yang dapat membantu tubuh secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari. Hal ini bekerja dengan meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang dan mengurangi kadar hormon yang merangsang rasa lapar. Karena efek ini, kamu mungkin sering merasa lapar jika kamu kekurangan asupan protein.

Baca Juga: Anti Lapar! 3 Makanan Ini Cocok Jadi Santapan Sahur Agar Puasa Berjalan Lancar

"Kami menemukan bahwa terlepas dari usia atau BMI (Indeks Massa Tubuh), selera makanmu terhadap protein sangat kuat. Sehingga kamu akan terus makan sampai kamu endapatkan cukup protein, yang bisa berarti bahwa kamu makan lebih banyak dari yang seharusnya," kata penulis utama studi 2013 dari University of Sydney, Australia, Dr. Alison Gosby.

Melansir laman healthline (11/5/2020) dalam sebuah penelitian yang mengamati 14 pria dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi 25% kalori dari protein selama 12 minggu. Hasilnya mereka mengalami penurunan 50am keinginannya untuk ngemil di malam hari, dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi lebih sedikit protein.

Selain itu, mereka yang asupan proteinnya lebih tinggi melaporkan bahwa merasa kenyang sepanjang hari dan sudah mengurangi pemikiran obsesif tentang makanan.

Baca Juga: 6 Makanan Tinggi Kalori, Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Untuk menghindari rasa lapar yang berlebih, kamu bisa mengonsumsi produk hewani, seperti daging, unggas, ikan, dan telur, yang mengandung protein dalam jumlah tinggi.

Protein juga ditemukan di beberapa produk susu, termasuk susu dan yogurt, serta beberapa makanan nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca Juga: Gak Cuma Tidur, 6 Jenis Istirahat Ini Terbukti Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu Beauty, Yakin Gak Mau Coba?

Baca Juga: Gawat! Ini 3 Bahaya Makan Sarapan Tanpa Protein, Hati-hati Lho Beauty

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana