Menu

Stop! Jangan Panaskan Makanan dengan Wadah Plastik, Ini Bahayanya...

Tasha Rainita
24 September 2021 08:30 WIB
Stop! Jangan Panaskan Makanan dengan Wadah Plastik, Ini Bahayanya...

Ilustrasi menggunakan microwave (Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kalau ada makanan yang masih tersisa, biasanya akan ditaruh ke dalam wadah plastik untuk dihangatkan lagi. Namun, menghangatkan makanan itu enggak boleh di dalam wadah plastik, lho.

Melansir dari laman New York Post (24/9/2021), American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa ada bahaya akan akan ditimbulkan jika menyimpan dan menghangatkan makanan menggunakan wadah plastik di dalam microwave.

Bahan kimia dari wadah plastik yang bersentuhan dengan makanan dan dihangatkan dalam microwave akan menimbulkan masalah kesehatan, terutama pada anak-anak.

Salah satu bahan kimia dalam plastik yang bereaksi buruk dalam tubuh adalah bisphenol seperti BPA bisa menyerupai hormon estrogen dalam tubuhd dan berpotensi mengubah waktu pubertas, mengurangi kesuburan, meningkatkan lemak tubuh, dan memengaruhi sistem saraf, serta kekebalan tubuh.

Selain itu, bahan kimia seperti phthalates yang berfungsi untuk membuat wadah plastik lebih felksibel juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bahan kimia tersebut bisa memengaruhi perkembangan alat kelamin laki-laki, meningkatkan obesitas anak-anak, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan kalau kamu menghangatkan makanan di dalam wadah plastik menggunakan microwave. Jadi, sebaiknya dihindari mulai dari sekarang, ya, Beauty!