Menu

Pandemi Bikin Kesehatan Jiwa Terganggu, Begini Cara yang Tepat untuk Menjaga Kewarasan

Riana Agustian
24 September 2021 19:05 WIB
Pandemi Bikin Kesehatan Jiwa Terganggu, Begini Cara yang Tepat untuk Menjaga Kewarasan

Mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI sekaligus inisiator pembentukan UU Kesehatan Jiwa, yang juga seorang Psikiater, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ. (Instagram/@true_noriyu)

Adapun kata Nova, hal-hal yang bisa dikendalikan itu misalnya harus belajar menerima kenyataan dan mengikhlaskan hal-hal yang tidak bisa dikendalikan.

“Seperti mutasi virus, emangnya kita pakar bisa mengendalikan, kan gak bisa juga, jadi let it go. Lalu soal berita ekonomi, berita pengangguran, kalau bukan menteri ya ngapain dipikirin kan ya, biarin aja mereka yang ngurusin. Sedangkan ada hal-hal yg bisa dikendalikan, seperti menjaga diri dengan baik, seperti tidur, membatasi efek buruk medsos, batasi penggunaan email, Twitter, IG, WA, terutama sebelum tidur. Itu namanya sleep hygiene, jadi 30 menit sebelum tidur kita lakukan meditasi untuk menangani kecemasan, dan juga untuk persiapan tidur. Ada latihan nafas yg bisa kita lakukan, ini bagus lho untuk relaksasi,” terang Nova.

“Kemudian buat daftar aktivitas yang menyenangkan juga. Dan yang tak kalah penting, hal yang bisa dikendalikan adalah jika kita memperhatikan kesehatan jiwa kita, misalnya memperhatikan Psychological First Aid, kita perlukan gak ya? Kalau memang merasa diperlukan kita bisa unduh aplikasinya seperti  Sehat Jiwa dan gunakan fitur aplikasi itu untuk konsultasi. Ini bisa menjadi awal dari kita mem-breakdown dinding stigma gangguan jiwa itu sendiri dengan mau berkonsultasi. Karena ini kan sebenarnya konsultasi yang sifatnya dukungan kesehatan jiwa dan psikososial yang relatif aman karena dia tidak tampak orang lain, kemudian juga minimal dia bisa jujur kepada dirinya sendiri kalau dia butuh konsultasi, dan gratis pula. Ini saya rasa bisa menjadi awal dari kita sama-sama mendestigmatisasi masalah gangguan jiwa,” pungkas Nova.

Halaman: