Beauty, tahu gak, tanpa disadari kita sering memadukan jenis makanan yang kita anggap lazim untuk dimakan. Padahal, ada beberapa makanan yang gak bisa dicerna oleh tubuh secara bersamaan. Alih-alih sehat, memadukan kedua makanan yang salah bisa berakibat fatal buat kesehatan, lho.

Lalu, apa saja ya kombinasi makanan tersebut? Dikutip HerStory dari berbagai sumber, berikut rinciannya, Beauty!

1. Sandwich dan kopi

Bagi sebagian orang, memadukan sandwich dan kopi saat sarapan adalah hal yang lazim dilakukan. Namun kamu perlu tahu nih, Beauty, kandungan karbohidrat sederhana dalam roti dapat mencegah kalsium dicerna dengan baik dan membawa bantuan pada sistem saraf dan kardiovaskular kamu. Apalagi jika kamu menambahkan kopi instan, tidak akan ada manfaat bagi kesehatanmu sama sekali. Nah lho!

2. Teh dan Susu

Seperti halnya memadukan sandwich dan kopi saat sarapan, sebagian orang juga gemar mencampur teh dan susu sekaligus. Perlu dicatat ya, Beaytu, bahwa teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Protein dalam susu menghambat penyerapan antioksidan dan kafein pada teh menghambat penyerapan kalsium dalam susu. Sehingga  menyebabkan gagalnya tubuh mendapatkan fungsi baik dari kedua minuman ini. Yang tersisa adalah gula, kamu tahu kan gimana bahaya gula jika dikonsumsi berlebihan??

3. Roti dan Selai

Ah, memadukan dua makanan inipun pasti sudah lazim ya, Beauty. Tapi mulai sekarang, stop ya! Sebabnya, tepung, ragi dan gula yang berlebih hanya akan memperburuk kadar gula darah dalam tubuh. Tak hanya itu, perpaduan makanan itupun dapat menyebabkan sembelit, dan menghasilkan gas penyebab kembung, sehingga membuat lumpur makanan melekat di dalam usus! Hih!

4. Burger dan Kentang Goreng

Hayo, siapa yang suka burger, cung! Hati-hati ya Beauty, ternyata 2 makanan ini bisa jadi kombinasi yang berbahay. Kedua makanan ini memiliki lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh jika dikombinasikan dengan pati akan menghasilkan kenaikan kolesterol tubuh dan gula darah.

5. Tomat dan mentimun

Tak hanya terdapat dalam burger, dua jenis sayuran ini pun kerap sering dikombinasikan terutama untuk salad. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa menggabungkan 2 sayuran ini bisa mengganggu jalur biokimia tubuh manusia. Sebabnya, vitamin yang terkandung dalam kedua sayuran tidak akan dicerna dengan benar.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bahaya Kalau Dimakan Bersamaan, Salah Satunya Nasi Goreng dan Timun!