Menu

Sering Kesulitan Tidur? Empat Jenis Teh ini Bisa Membantu Kualitas Tidur Lebih Baik, Lho!

Adeline Kinanti
27 September 2021 20:30 WIB
Sering Kesulitan Tidur? Empat Jenis Teh ini Bisa Membantu Kualitas Tidur Lebih Baik, Lho!

Teh hijau (Unsplash/Jia Ye)

HerStory, Depok —

Minum teh umumnya lebih sering dilakukan pada pagi hari. Namun, ada beberapa orang lebih suka minum teh pada malam hari sebelum tidur.

Tetapi teh sendiri diketahui memiliki kandungan kafein sehingga dapat memengaruhi jam tidur. Lalu jenis teh apa yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur?

Mengonsumsi teh herbal memiliki banyak manfaat, termasuk untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga bisa lebih cepat merasa ngantuk dan tidur nyenyak. Meski begitu, teh juga mengandung kafein, walau kadarnya lebih sedikit. Sehingga waktu mengonsumsinya perlu diperhatikan.

Selain waktu, perhatikan pula porsi teh yang diminum. Cukup minum segelas teh hangat untuk membantu tubuh lebih nyaman dan rileks sebelum tidur. Beberapa jenis teh ini bisa menjadi pilihan untuk membantu kualitas tidur lebih baik.

Teh Chamomile

Teh chamomile terbuat dari tanaman Asteraceae. Sudah banyak orang yang mengenal tanaman chamomile sebagai obat penenang ringan. Itulah sebabnya, jenis teh ini bisa digunakan sebagai perawatan untuk mengurangi gangguan kecemasan, peradangan, dan insomnia.

Selain itu, chamomile juga memiliki kandungan antioksidan dan apigenin. Menurut sebuah penelitian, apigenin berikatan dengan reseptor di otak sehingga dapat mengurangi kecemasan dan membuat lebih tenang.