Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang kapan saja adalah asam urat. Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan pada sendi.

Asam urat bisa memicu gejala yang muncul secara tiba-tiba, berupa rasa nyeri, serta pembengkakan pada sendi. Tingginya kadar asam urat yang berujung pada peradangan bisa dipicu oleh banyak hal. 

Asam urat bisa menyerang sendi mana pun pada tubuh, tetapi seringnya terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut. Naiknya kadar asam urat dalam tubuh seringnya terjadi karena konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, gangguan metabolisme.

Resep ramuan herbal hingga kini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk racikan minuman herbal yaitu jahe dan rumput laut.

Kedua bahan tersebut diketahui memiliki beragam khasiat yang mampu mengobati berbagai penyakit. Bagi penderita asam urat, kolesterol hingga hipertensi bisa diobati dengan ramuan berbahan dasar rumput laut dan jahe.

Baca Juga: Catat! 3 Menu Sarapan yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Pengidap Hipertensi Mari Merapat!

Jahe dikenal sebagai jenis makanan yang bisa membantu meredakan nyeri sendi. Ternyata, jahe juga bisa menjadi obat asam urat alami. Jahe memiliki kandungan antiradang, sehingga bisa meringankan rasa nyeri dan tak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat.