Rasanya yang manis memang membuat buah mangga menjadi buah yang paling sering dikonsumsi. Namun, buah mangga diyakini bisa membuat kadar gula justru semakin melonjak. Tapi, apakah penderita diabetes tetap boleh makan buah mangga? Yuk, simak penjelasan berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021).

Dilansir dari Klikdokter.com, dr. Arina Heidyana mengatakan tidak ada larangan yang menyebut para penderita diabetes tidak boleh makan buah mangga.

Pasalnya, mangga merupakan buah dengan banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun agar aman, penderita diabetes perlu membatasi jumlah mangga yang dikonsumsi.

“Mangga memang banyak kegunaannya dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, mangga juga mengandung gula dan karbohidrat tinggi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan penderita diabetes. Karenanya, membatasi porsi makan mangga bagi penderita diabetes wajib dilakukan,” kata dr. Arina.

“Satu cangkir mangga terdiri atas kalori, karbohidrat, dan gula. Terutama mangga yang terlalu matang, ini mengandung indeks glikemik tinggi sehingga penderita diabetes disarankan tidak makan terlalu banyak buah mangga,” lanjut dr. Arina.

Apakah Mangga akan Memengaruhi Kadar Gula Darah?

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!