Tauge atau yang biasa disebut toge merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di pasar dan juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Tauge pun jadi makanan yagn sering dikonsumsi oleh banyak orang karena mudah untuk diolah.

Selain itu, tauge juga memiliki vitamin B,C,B1,B6,K,E,A yang baik untuk tubuh.

Tapi ternyata makan tauge mentah-mentah bisa menimbulkan banyak risiko kesehatan yang akan terjadi pada tubuh, lho. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Senin (4/10/2021).

Bahaya Makan Tauge Mentah

Menurut Profesor Ahmad Sulaeman, ahli gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kompas Lifestyle. Aman tidaknya tauge mentah untuk dimaka ternyata tergantung pada kualitas sanitasi dan air yang digunakan saat mencucinya.

Air yang mengandung bakteri bisa membuat tauge menjadi tidak sehat. Selain dari air, bakteri juga bisa muncul dari peralatan yang digunakan, seperti keranjang bambu yang jarang dibersihkan, serta kondisi kebersihan orang yang membuat tauge.

Kalaupun ingin mengonsumsinya secara mentah, Ahmad menganjurkan untuk mencuci bersih tauge terlebih dahulu supaya bebas dari Salmonella, E. coli dan Listeria.