Sakit gigi merupakan kondisi di mana rasa nyeri muncul pada sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahannya juga bervariasi, mulai dari ringan sampai berat.

Meski tingkat keparahannya bisa berat, masih banyak orang yang menganggap kalau sakit gigi adalah hal yang sepele dan akhirnya enggak ditangani dengan benar.

Padahal, kalau enggak ditangani, sakit gigi bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes. Hal tersebut diungkapkan oleh studi Ipsos dan GSK Consumer Healthcare dengan melibatkan 4.500 peserta dari 9 negara, termasuk 500 peserta dari Indonesia.

Dalam keterangannya, baru-baru ini, kesehatan mulut yang buruk bisa menyebabkan peradangan gusi dan infeksi. Hal ini dapat mempersulit tubuh untuk mengendalikan level gula darah dan merespons dengan baik terhadap insulin.

Pada gilirannya, level glukosa darah yang tinggi dalam ludah penderita diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi, dan level gula darah mereka yang tinggi bisa menimbulkan luka umum, termasuk luka di dalam mulut yang penyembuhannya menjadi lebih pelan.

Sementara 58 persen responden yang berusia antara 18-29 tahun menyadari bahwa kesehatan mulut yang baik memiliki dampak positif dalam membantu mempertahankan level gula darah dan menangani diabetes, angka ini turun menjadi hanya 49 bagi responden yang berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.