Daging ayam merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumi oleh masyarakat. Selain rasanya yang memang enak, daging ayam juga mudah diolah dan tidak rumit. 

Tapi ternyata makan daging ayam tidak boleh dibarengi dengan meminum satu gelas susu sebagai pendamping lho. Hal tersebut bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

Efek Makan Ayam Bersamaan dengan Minum Susu

Masalah Pencernaan

Kedua makanan tersebut bersama-sama bisa menghambat pencernaan secara keseluruhan. Sebagai sebuah proses, pencernaan susu terjadi di dalam duodenum, bukan perut.

Karena itu, proses sekresi yang biasa tidak terjadi di dalam perut. Meminum susu dan daging ayam secara bersamaan dapat menyebabkan racun yang berkembang dan terakumulasi dalam tubuh.

Daging ayam, di sisi lain, mungkin berat untuk dicerna bagi beberapa orang, dan pelepasan asam lambung dapat menyebabkan beban berat pada proses pencernaan.

Sering mengombinasikan makanan bisa berefek buruk dalam jangka panjang.

Efek ini termasuk sakit perut, mual, gangguan pencernaan, gas, kembung, bisul, bau tak sedap, konstipasi, acid reflux, dan lainnya.

Gangguan Kulit

Efek samping lain dari mengonsumsi susu dan daging ayam secara bersamaan adalah bercak atau gangguan kulit.

Penyakit kulit ini disebut vitiligo, yang merupakan masalah pigmentasi kulit, menyebabkan bintik-bintik putih pada kulit, dan tanpa diketahui apa penyebabnya.

Pada susu dan daging ayam memiliki protein yang berbeda, protein pada ayam mungkin jauh lebih kompleks daripada protein dalam susu.

Bahkan bagi mereka yang toleran terhadap laktosa, kombinasi kedua makanan tersebut mungkin tidak sesuai bagi pencernaan mereka.

Tentu saja, semua informasi yang disebutkan tadi mungkin tidak berlaku bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan yang kuat dan dapat dengan mudah mencerna makanan.

Mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan yang sensitif, harus menghindari kombinasi makanan susu dan ayam, atau susu dengan makanan non-vegetarian lainnya.

Baca Juga: Bahaya, 5 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Minum Obat! Bukannya Sembuh Malah...

Sebaiknya dikonsumsi secara terpisah, dengan jarak satu atau dua jam. Boleh yang mana terlebih dahulu untuk dikonsumsi.