Moms pasti sering mendengar bahwa ketika anak baru lahir atau bahkan saat mereka beranjak dewasa, banyak yang menyarankan anak untuk meminum susu. Namun, apakah Moms tahu mengapa anak direkomendasikan untuk minum susu?

Ternyata, susu memiliki peran penting dalam nutrisi anak. Untuk mendukung tumbuh kembangnya anak, susu sapi mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan anak.

Kira-kira manfaat apa saja ya yang akan didapat anak jika meminum susu? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021).

Nutrisi Susu

Susu sapi alami mengandung kalsium, kalium, protein, dan vitamin B12. Susu sapi diperkaya dengan vitamin D. Adapun vitamin A ditambahkan ke susu rendah lemak dan tidak berlemak.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar anak yang berusia 1 sampai 2 tahun mengkonsumsi 2 gelas susu sehari dan untuk anak berusia 3 tahun keatas bisa minum 3 gelas susu.

Anak-anak tetap memenuhi kebutuhan gizi hariannya tanpa susu melalui pola makan yang baik meliputi makanan lain yang kaya akan protein, kalsium, kalium, serta vitamin A dan D. Jika anak tidak menyukai susu sapi cair, Moms dapat mencampurkan makanan yang terbuat dari susu sapi seperti, keju ataupun yogurt.

Alternatif Jika Anak Tidak Suka Susu Sapi

Jika anak tidak suka dengan susu sapi cair, Moms dapat menggantinya dengan susu almond dan pastinya susu tersebut mengandung kalsium dan vitamin D.

Baca Juga: Bahaya, 5 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Minum Obat! Bukannya Sembuh Malah...