Penyakit asam urat adalah satu di antara jenis radang sendi yang disebabkan kelebihan zat purin. Purin adalah zat yang terdapat di semua bahan makanan yang kita konsumsi.

Purin diolah oleh tubuh dan menjadi asam urat. Jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, ginjal bisa gagal mengeluarkannya dan menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian. Oleh sebab itu, penderita asam urat perlu menjaga pola makan dengan benar.

Berikut adalah makanan sehat yang bisa dikonsumsi penderita asam urat menurut dokter Saddam yang dikutip dari kanal Youtubenya. Dokter Saddam Ismail menjelaskan secara singkat gandum utuh dapat menjadi makanan penurun asam urat.

"Jadi gandum utuh ini terdapat namanya karbohidrat kompleks sehingga sangat bagus sangat baik dan disarankan sekali untuk penderita asam urat," kata dokter Saddam Ismail.

Dokter Saddam Ismail juga menjelaskan jenis makanan ini dikenal dengan makanan penurun asam urat karena mengandung purin yang sangat rendah.

Baca Juga: Asam Urat Kambuh? Begini Cara Meredakannya Tanpa Obat Moms!

"Asupan karbohidrat kompleks ini bisa kalian dapatkan dari yang pertama itu nasi merah ya, kemudian roti gandum, pasta gandum dan juga sereal gandum," ucapnya.