Meminum air putih baik untuk kesehatan si kecil lho Moms. Penting untuk sering mengingatkan anak untuk rajin mengonsumsi air putih. Ingat, yang wajib diminum adalah air putih ya Moms, bukan air dengan rasa atau air bersoda misalnya.

Kira-kira apa saja sih manfaat bagi anak jika rajin minum air putih? Yuk, simak bpenjelasannya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (14/10/2021).

1. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi dapat memperlambat metabolisme pada Si Kecil hingga 3 persen, dan menyebabkan kelelahan, maka penting bagi mereka untuk cukup minum air setiap harinya. Manfaat air salah satunya adalah menghilangkan dehidrasi yang dialami 75 persen orang, termasuk anak-anak.

2. Membantu anak dengan asma dan alergi

Anak-anak membutuhkan air untuk pertumbuhan sel mereka. Saat bertumbuh, 75 persen dari volume sel harus diisi dengan air. Ini kenapa anak-anak mudah terserang asma dan alergi selama tahap tumbuh kembang fisik, jika tidak mendapat cukup air untuk sistem tubuh mereka berfungsi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asma bisa disebabkan karena dehidrasi kronis. Anak-anak juga rentan terhadap alergi jika mereka meningkatkan asupan makanan tanpa diimbangi asupan air juga. Karenanya manfaat air salah satunya untuk membantu meredakan asma dan alergi.

3. Mengurangi sakit perut karena lapar

Moms bisa memberi mereka segelas air satu jam sebelum tidur atau bahkan 30 menit sebelum tidur. Jika mereka masih bangun dengan rasa lapar atau haus, beri mereka segelas air lagi.

Baca Juga: Sederhana tapi Efeknya Luar Biasa! Terapkan 5 Cara Disiplin Konsumsi Air Putih yang Penting bagi Kesehatan