Menu

Waduh, 9 Kondisi Telinga Ini Bisa Deteksi Kesehatan Kita Lho! Jangan-jangan Kena Penyakit Kronis…

26 Oktober 2021 10:35 WIB
Waduh, 9 Kondisi Telinga Ini Bisa Deteksi Kesehatan Kita Lho! Jangan-jangan Kena Penyakit Kronis…

Ilustrasi wanita menutup telinga. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, tahu gak? Selain berfungsi sebagai indra pendengaran dan juga pusat keseimbangan tubuh, ternyata telinga juga bisa mengirim sinyal terkait kondisi kesehatan kamu, lho.

Oleh karena itu, dengan mengetahui kondisi telinga, kamu dapat mengungkap beberapa hal mengejutkan terkait kesehatan, yang bahkan tak ada hubungannya dengan telinga.

Adapun, dikutip dari laman klikdokter, beberapa kondisi pada telinga yang perlu kamu jadikan perhatian, diantaranya:

1. Kotoran Telinga Basah dan Lengket

Percaya atau enggak, kotoran telinga yang basah dan lengket bisa jadi pertanda ada sesuatu di payudaramu, lho Beauty.

Menurut peneliti di Jepang, orang-orang dengan kotoran telinga yang basah dan lengket memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara karena mutasi pada gen ABCC11. Waduh!

2. Telinga Berkerut

Meski terkesan lazim, kamu mesti waspada Beauty jika mendapati telingamu berkerut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kerutan yang dikenal dengan istilah frank itu bisa menjadi tanda penyakit arteri coroner, lho!

3. Tinitus atau Telinga Berdengung

Fyi Beauty, tinitus adalah istilah medis dari persepsi adanya suara berdenging dalam telinga. Meski biasanya disebabkan oleh paparan suara keras, tinitus juga kemungkinan disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

4. Telinga Berbentuk Tak Biasa atau Ada Tanda di Kulit

Perlu diwaspadai juga, Beauty, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kelainan struktural pada telinga atau adanya tanda-tanda kulit (pertumbuhan kulit kecil dan berdaging) pada telinga saat lahir dapat menjadi tanda masalah ginjal potensial, lho!

Baca Juga: Es Krim Bikin Batuk Ternyata Mitos? Ini Lho Moms 5 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan Tubuh, Nomer 5 Bikin Kaget!

Baca Juga: Hindari! Yuk Mulai Bawa Wadah Sendiri, Ini Bahaya Paparan Mikroplastik dalam Pembungkus Makanan yang Perlu Diketahui!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.