Enggak terasa besok sudah Idul Fitri. Untuk memaksimalkan hari lebaran, kamu harus punya waktu tidur yang cukup ya, Beauty. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki tidur yang berkualitas adalah dengan mandi air hangat.

Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, seorang kandidat PhD di departemen teknik biomedis di The University of Texas di Austin. Para peneliti melakukan analisis data sistematis mengevaluasi penelitian yang menghubungkan mandi, suhu air, dan kualitas tidur. Laporan ini diterbitkan dalam Sleep Medicine Ulasan.

Baca Juga: Wajib Coba! Selain Relaksasi Diri, Mandi Air Panas Bisa Cegah Penyakit Jantung hingga Stroke

Menurut penelitian, mandi satu hingga dua jam sebelum tidur menggunakan air bersuhu 40 hingga 43 °C merupakan salah satu cara yang efektif untuk memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas. Perlu dicatat bahwa mandi cukup hanya dalam waktu 10 menit saja.

Tak hanya itu, saat kamu mandi pada waktu dan suhu yang disebutkan di atas, itu dapat membantu kamu untuk tidur 10 menit lebih cepat dari biasanya.

"Cara ini bisa bervariasi. Bisa efektif jika dilakukan oleh penderita insomnia," ujar Dr. Michael Breus, seorang psikolog klinis dari American Board of Sleep Medicine.

Hal ini dikarenakan saat mandi air hangat, tubuh akan menjadi rileks. Selain itu,

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Mandi Sehabis Begadang Bahaya untuk Kesehatan? saat mandi air hangat, suhu tubuh cenderung turun, itu juga jadi salah satu penyebab tidur menjadi lebih nyenyak.

"Ya, data membuktikan bahwa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur memang membuat perbedaan besar dalam kualitas tidurmu secara keseluruhan," tutupnya.