Kelaparan merupakan tanda natural yang di alami tubuh saat tubuh membutuhkan asupan makanan. Kadang jika rasa lapar dibiarkan dapat membuat beberapa gangguan kesehatan tubuh, seperti pusing kepala, asam lambung naik, dan gangguan kesehatan lainnya. Biasanya setelah makan, orang akan merasa lapar lagi setelah beberapa jam kemudian. Namun ada juga lho yang merasa lapar terus menerus, seperti kamu nih baru banget makan 30 menit yang lalu, eh sudah lapar lagi. 

Kira-kira kamu penasaran enggak sih kenapa kamu selalu merasa kelaparan? Padahal kamu sudah makan banyak. Tapi tetap saja, rasa lapar terus menghantuimu. Biasanya orang yang mudah lapar itu disebapkan beberapa alasan. Misalnya, sedang bekerja, sedang sakit, dan lainnya. Kebiasaan buruk juga dapat membuat kamu cepat merasa kelaparan lho. Kok bisa ya? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/05/2020) kebiasaan buruk apa saja yang bikin kamu kelaparan terus menerus? Yuk, simak artikel ini ya!

Baca Juga: Besok Lebaran, Jangan Sampai Kurang Tidur Ya! Yuk, Coba Mandi Air Hangat untuk Merilekskan Tubuh

Makan sambil mengerjakan aktivitas lain

Seseorang yang makan sambil mengerjakan aktivitas lain, seperti sedang bekerja, olahraga, dan aktivitas lainnya ternyata mudah merasakan lapar lho. Mengapa? Karena melakukan aktivitas tentu menguras tenaga dan pikiran. Sehingga tubuh lebih banyak meminta asupan makanan supaya enggak merasa kelelahan saat bekerja. 

Kurang tidur

Menurut sebuah studi dalam Plos Medicine mengatakan bahwa seseorang yang kurang tidur, kadar leptin atau hormon yang memberikan sinyal rasa kenyang akan menurun. Sebab itu, dapat meningkatkan nafsu makan yang sangat signifikan.

Selain itu juga, kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit dalam membakar kalori, kurang bisa mengendalikan nafsu makan, dan mengalami kadar kortisol yang menyimpan lemak (mudah gemuk).

Baca Juga: Wajib Tahu! Penelitian Terbaru Mengungkap Gejala Corona Bisa Dialami Hingga Berbulan-bulan

Makan dengan cepat

Dilansir dari Eat This Not That menjelaskan bahwa hormon lapar membutuhkan waktu antara 20-30 menit untuk sampai ke otak. Namun jika kamu makan dengan cepat atau terburu-buru, maka kemungkinan besar kamu akan cepat merasa lapar dan makan lebih banyak daripada biasanya. 

Semoga bermanfaat ya