Beauty, kamu harus tahu bahwa ada penelitian terbaru yang mendeteksi virus corona dalam ASI (Air Susu Ibu). Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal The Lancet.

Para ilmuwan mengambil sampel ASI dari dua wanita pasien COVID-19 di rumah sakit Jerman. Untuk mencegah kontaminasi yang tak disengaja, sebelum memompa ASI puting wanita itu didesinfeksi.

Baca Juga: Bisakah Virus Corona Menular Lewat Makanan? Ini yang Perlu Kamu Tahu!

"Para ilmuwan menganalisis ASI yang telah dikumpulkan dengan menggunakan "teknik yang sangat sensitif". Teknik ini berarti mendeteksi dan menghitung tingkat RNA virus, atau materi genetik," kata Jan M√ľnch, profesor di Institute of Molecular Virology di Ulm University, Jerman, kepada Newsweek.

Setelah dilakukan berbagai penelitian terungkap bahwa virus corona terdeteksi di ASI wanita yang telah terinfeksi di hari ke-9. Munculunya virus corona di ASI juga dibarengi dengan gejala ringan yang dialami oleh pasien COVID-19 itu.

Hal yang lebih mengejutkan lagi ternyata sang bayi juga dinyatakan positif terkena virus corona. Tetapi, para ilmuwan masih belum yakin apakah bayinya terserang virus corona dari ASI ibu atau apakah ada cara penularan lain.

Baca Juga: Jangan Biarkan Anak Cemas Karena Virus Corona! Ini 5 Cara yang Tepat untuk Menjelaskan Pada Anak

"Ibu itu telah memakai masker sejak mengalamu gejala COVID-19, dan melakukan tindakan pencegahan ketika memegang atau memberi makan bayinya, tindakan kebersihan yang dilakukan ibu termasuk membersihkan tangan dan payudaranya, dan mensterilkan pompa dan tabung," menurut para peneliti.

Menurut Profesor Jan penelitian selanjutnya masih harus dilakukan guna menganalisis secara terperinci berapa banyak ibu menyusui yang membawa RNA SARS-CoV-2 dalam ASI, apakah virus itu menular, dan apakah itu benar-benar dapat ditularkan ke bayi yang baru lahir. Seperti yang diketahui bahwa ada virus lain, seperti HIV-1, yang bisa ditularkan melalui ASI.

Dalam panduan tentang menyusui yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada 5 Mei lalu menyatakan bahwa ASI tak bisa menularkan virus corona

Baca Juga: Bukan Cuma Batuk dan Bersin, Virus Corona Bisa Ditularkan Saat Bicara dan Bernapas!

"Kami tidak tahu apakah ibu dengan COVID-19 dapat menularkan virus melalui ASI, tetapi terbatas data yang tersedia menunjukkan ini tidak mungkin menjadi sumber penularan," kata CDC.