Setiap wanita tentu mendambakan tampilan wajah yang mulus tanpa masalah. Namun, jika pori-pori tersumbat itu dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Masalah lainnya, ketika memiliki pori-pori yang tersumbat kamu pasti akan tergoda untuk memencet dan menyentuh wajah. Itu jadi salah satu alasan mengapa kamu memiliki masalah kulit yang menumpuk. Enggak mau hal itu terjadi? Simak terus artikel ini ya untuk mecegah pori-pori tersumbat.

Sebelumnya, apakah kamu kondisi wajahmu saat memiliki pori-pori yang tersumbat? Jika belum, enggak perlu khawatir. Pori-pori tersumbat dapat dengan mudah diidentifikasi lho. Pori-pori yang tersumbat cenderung terlihat lebih besar daripada pori-pori lain yang kondisinya normal. Selain itu, pori-pori tersumbat tampilannya lebih gelap dan tampak seperti titik-titik hitam di wajah.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori yang tersumbat terbentuk akibat sel-sel kulit mati yang terperangkap dalam pori-pori wajah. Pori-pori, lubang kecil di kulit, berfungsi untuk melepaskan minyak dan keringat sebagai bagian dari proses normal tubuh. Ketika pori-pori tersumbat, minyak dan keringat menjadi terhambat mengalir karena adanya sel-sel kulit mati dan juga kotoran. Ini kemudian dapat mengakibatkan komedo dan jerawat.

Untuk itu, lakukan cara ini ya, Beauty. Enggak hanya akan membuat pori-pori wajah lebih kecil, tetapi juga akan menjaga kulit wajah bersih, sehat dan bebas noda.

Rajin Gunakan Masker

Untuk menghilangkan atau mencegah pori-pori tersumbat, kamu bisa gunakan masker berbahan charcoal (arang) atau clay (tanah liat). Masker jenis ini merupakan salah satu cara yang baik untuk membuka pori-pori.

Menurut dokter kulit, Shari Marchbein, MD, dari American Academy of Dermatology, masker charcoal (arang) atau clay (tanah liat) dapat digunakan untuk menghempaskan sel-sel kulit mati.

"Masker jenis ini dapat mengeluarkan kotoran, bakteri, dan minyak dari pori-pori. Kamu perlu menggunakan masker ini seminggu sekali secara bertahap untuk mengurangi ukuran pori-pori selain menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati," katanya.

Baca Juga: Waspada! 8 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Dapat Membuat Tampilan Pori-pori Lebih Besar

Gunakan Ekstraktor Komedo

Selain itu, untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat kamu bisa menggunakan ekstraktor komedo. Dermatologis lebih merekomendasikan alat ekstraktor komedo daripada memencet pori-pori yang tersumbat dengan tangan kosong. Ekstraktor komedo memberikan cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di kulit. Namun, kamu perlu membersihkannya dengan alkohol setelah digunakan sehingga tetap steril dan tak menebarkan kotoran kecil di wajah saat akan digunakan di hari berikutnya.

Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Terakhir, para dermatologis menyarankan para wanita yang memiliki pori-pori tersumbat untuk menggunakan produk yang mengandung salicylic acid (asam salisilat). 

"Asam salisilat bisa menghilangkan pori-pori tersumbat dengan menghilangkan sebum dan memecahnya," kata ahli dermatologi Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis di Yale University. Gohara merekomendasikan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dan membiarkannya sedikit lebih lama sebelum dibilas untuk mendapatkan hasil terbaik.