Setiap wanita tentunya memiliki wajah yang flawless. Namun, enggak ada yang sempurna di dunia ini. Banyak masalah kulit wajah yang hadir dan berbeda-beda setiap orangnya. Enggak hanya jerawat, banyak macam masalah kulit wajah yang bisa menghampiri wanita, salah satunya adalah pori-pori yang besar.

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Merawat wajah tentujnya sangat penting, tetapi terkadang kamu menjadi terobsesi.

Padahal, ternyata terlalu banyak melakukan perawatan dapat menimbulkan dampak buruk, bahkan beberapa rutinitas dan kebiasaan kecantikan sehari-hari kamu merusak pori-pori. Apa aja sih?

1. Sering menggunakan kertas minyak

Kertas penghapus minyak dapat menjadi di hari-hari panas ketika kulit kita cenderung lebih berminyak dan berkeringat. Padahal, menggunakannya berulang kali akan lebih merusak kulit.

Pada kenyataannya, kulit tetap membutuhkan lapisan minyak tipis di permukaannya. Dengan menghilangkannya terus-menerus, kamu memaksa kulit untuk menghasilkan lebih banyak. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuatnya lebih tampak besar.

2. Mengekstrak komedo, whiteheads, atau jerawat

Hal ini tentunya terdengar sangat memuaskan, apalagi ketika memiliki jerawat pop yang sudah matang. Tetapi, mengesktrasi jerawat harus dilakukan dengan aman.

Ada bakteri di kulit dan jerawat yang luka menjadi tempatnya bakteri ini. Jika kamu memaksa memencet jerawat yang sebenarnya belum siap diekstraksi, artinya kamu membiarkan bakteri masuk ke lapisan dalam kulit .Hal ini akan membuat situasi menjadi lebih buruk karena iritasi akan menyebar, menghasilkan pori-pori dan bekas luka akan membesar.

3. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih penyebab pori-pori tersumbat. Eksfoliasi juga dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Hal yang perlu diingat adalah kamu hanya perlu melakukannya 1-2 kali per minggu. Eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan membuka pori-pori, menghilangkan lapisan minyak alami, lalu akan menyerap debu ke dalam kulut. Ini akan membuat pori-pori justru tampak lebih besar.

Selain eksfoliasi, harus batasi juga cuci wajah. Jangan mencucui wajah lebih dari 2 kali sehari karena itu akan menghilangkan lapisan minyak alami. Kulit menjadi sensitif terhadap debu dan kotoran luar, yang dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.

Baca Juga: 10 Kesalahan Perawatan Wajah yang Sering Dilakukan

4. Membiarkan kulit kering

Kulit kering menjadi salah satu penyebab keriput dan membuat wajah terlihat lebih tua. Selain itu, kulit kering juga menyebabkan pori-pori menjadi rata dan terlihat lebih besar. Jadi, kulit kering bukan hanya berbahaya bagi pori-pori, tetapi juga membuat kamu terlihat lebih tua!

Mudah untuk dicegah, pilihlah toner yang memberikan kelembapan untuk jenis kulitmu dan oleskan pada wajah setiap hari untuk mengembalikan hidrasi pada kulit.

5. Menggunakan produk yang menyumbat pori

Ada beberapa produk yang sangat populer untuk digunakan dalam perawatan kulit, tetapi sebenarnya enggak boleh digunakan pada wajah. Contohnya, cocoa butter, minyak kelapa, dan krim lanolin karena memiliki sifat menyumbat pori. Bahan itu mungkin baik untuk menjaga kulit tetap lembab, tetapi juga dapat menyumpat pori-pori. Lebih baik untuk menggunakan krim wajah yang cocok untuk kulitmu lalu gunakan minyak ini hanya pada bagian tubuh saja.

6. Terlalu touch up make up

Pada siang hari, riasan wajah secara alami akan hilang karena munculnya minyak. Enggak ada salahnya melakukan retouching sedikit, tetapi kamu enggak melakukannya dengan fanatik.

Kulit akan menghasilkan minyak dan ketika kamu terus-menerus menyeka kulit dengan bedak, itu akan membuat lapisan minyak, kotoran pada make up. Tentunya akan membuat tampilan pori-porimu lebih besar.

7. Mengomsumsi makanan berbahaya

Produk susu, alkohol, makanan yang tinggi gula rafinasi, makanan pedas atau yang digoreng sangat berbahaya bagi kulit. Dapat memicu peradangan di tubuh dan menyebabkan kulit rawan jerawat. Jerawat melemahkan kelenjar sebaceous dan membuat folikel rambut pada pori-pori menjadi lebih besar. Untuk menghindari itu, hindari makanan-makanan di atas dengan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah.

Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

8. Enggak menggunakan sunscreen

Paparan sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Dapat enghilangkan kolagen, elastin, dan air dari kulit serta menyebabkan penyusutan jaringan. Hal itulah yang menyebabkan tepi pori-pori meregang dan terlihat kendur. Jadi, tunggu apalagi, gunakan sunscreen setiap kali melangkah ke luar ruangan.

Baca Juga: Multifungsi, Nggak Hanya untuk Area Mata, Ini Fungsi Lain Eye Cream!

Apakah kamu memiliki pori-pori yang besar? Apakah kamu memiliki trik sendiri untuk mengurangi tampilan pori-pori besarmu? Mari bagikan di bagian komentar ya, Beauty!