Mandi merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk menghindari berbagai masalah pada tubuh kamu, salah satunya bau badan. Namun, saat mandi kamu juga harus memperhatikan kebiasaan kamu ya. Diketahui, beberapa kebiasaan mandi mampu berisiko untuk kesehatan lho, contohnya kesehatan kulit.  Hal ini dinyatakan oleh salah satu dokter kulit asal Tulane University, dr. Patricia Farris.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (02/05/2020) kira-kira kebiasaan buruk apa saja ya yang dapat mengganggu kesehatan? dr. Patricia Farris juga mengatakan bahwa kebiasaan mandi yang buruk mampu membuat kulit kering dan gatal, bahkan memicu eksim lho. Waspada ya, Beauty!

Baca Juga:Besok Lebaran, Jangan Sampai Kurang Tidur Ya! Yuk, Coba Mandi Air Hangat untuk Merilekskan Tubuh

Menggosok kulit kepala ketika keramas menggunakan kuku jari

Menggosok kulit kepala menggunakan kuku jari ketika keramas, dapat menyebabkan pengelupasan kulit kepala dan melukai kulit kepala lho. Oleh karena itu, saat keramas jangan menggaruk kepala dengan kuku ya, gunakan jari tanpa kuku untuk menghindari risiko mengelupasnya kulit kepala yang menyebabkan rasa perih di kepala. 

Mandi dengan air panas dan mandi terlalu lama

Dilansir dari Reader's Digest, mandi air panas bisa membuat kulit kamu kering lho karena suhu air yang terlalu panas, menyebabkan pori-pori kamu melebar dan mengikis minyak alami dalam kulit. Hal ini membuat kulit kamu kehilangan kelembapan kulit lho.

Baca Juga:Bisa Tingkatkan Imun Hingga Redakan Stres, Ini Sederet Manfaat Mandi Air Dingin untuk Tubuh

Selain mandi air panas, mandi yang terlalu lama juga memberikan efek negatif pada kulit kamu. Air akan membilas kadar minyak dan mengikis kelembapan alami pada kulit. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk mandi minimal 5- 10 menit saja untuk menjaga kelembapan pada kulit kamu.

Menggosok tubuh terlalu kasar

Menggosok kulit terlalu keras dan kasar menggunakan tangan atau spons, mampu menghilangkan pelindung alami pada kulit kamu. Selain itu, membuat kulit kamu gampang mengelupas dan iritasi lho. Oleh karena itu, jika kamu menggunakan spons, pastikan enggak meletakkannya di kamar mandi dan rutin mengganti spons.