Jika kamu penggemar makanan sehat, pasti sudah enggak asing lagi dengan biji chia atau dikenal dengan sebutan chia seeds? Biji chia ini disebut-sebut sebagai salah satu jenis biji-bijian yang dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan lho. Kenapa gitu ya?

Chia seeds biasanya tak dikonsumsi sendirian, melainkan ditaburkan di atas smoothie, yogurt, oatmeal, dan salad. Bukan cuma untuk mengisi kebutuhan mineral dan vitamin, tetapi chia seeds dikonsumsi juga bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca Juga: Sukses Pangkas Berat Badan Hingga 50 Kg, Yuk Ketahui Apa Itu Diet Mediterania yang Disarankan Dokter Pribadi Adele!

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba Ikuti Diet Mentimun, Dijamin Ampuh Hempaskan Lemak!

Chia seeds memiliki manfaat kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi karena bijinya kaya akan nutrisi penting, yaitu asam lemak omega-3, kalsium, zat besi, dan magnesium. Pada dasarnya chia seeds memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

Ada studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Biofortis Clinical Research dalam kemitraan dengan departemen fisiologi olahraga dan nutrisi di University of Missouri menunjukkan bahwa chia seeds dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan protein di dalamnya dapat menghambat rasa lapar.

Baca Juga: Rendah Kalori, Benarkah Teh Hitam Efektif Turunkan Berat Badan?

Selain itu, chia seeds juga kaya akan serat, per 100 gram chia seeds memiliki 34,4 gram serat makanan. Para peneliti di University of Massachusetts Medical School mempelajari bahwa mengonsumsi makanan kaya serat ternyata berkontribusi terhadap penurunan berat badan, hampir sama dengan diet yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA).