Beauty, saat miss v atau vagina mengeluarkan aroma tak sedap pasti akan menganggu kepercayaan diri. Salah satu aroma yang kerap muncul seperti bawang.

Vagina yang mengeluarkan bau memang dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti infeksi. Tapi, kamu enggak perlu cemas berlebih ya. Pasalnya perubahan aroma vagina sebenarnya sangat umum terjadi dan sama sekali tidak perlu membuat kamu merasa malu.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Dr. Larisa Corda, seorang ahli kebidanan, ahli kandungan, dan ahli kesuburan menjelaskan bahwa setiap vagina memiliki aroma yang berbeda-beda pada setiap wanita dan itu pun umum terjadi.

"‘Setiap vagina memiliki aroma sendiri yang bervariasi dari satu wanita ke wanita lain. Aroma ini disebabkan oleh kumpulan bakteri tertentu, yang disebut mikroflora, yang ada di sana (vagina)," jelas Dr. Corda melansir Metro (3/6/2020).

"Sering kali, baunya dapat menyerupai makanan yang difermentasi karena bakteri dapat mirip dengan yang ditemukan dalam roti sourdough dan yoghurt. Hal-hal lain seperti pendarahan vagina, urin, keringat, dan bahkan stres juga dapat memengaruhi aroma di sana juga," sambungnya.

Baca Juga: Miss V Bakal 'Longgar' Karena Sering Bercinta, Mitos atau Fakta?

Selain itu, Dr. Corda menjelaskan bahwa siklus menstruasi dan perubahan kadar hormon juga bisa jadi pemicu aroma yang tak sedap dari vagina. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah ketika bau vagina berubah menjadi 'busuk dan mencurigakan'. Jika hal itu terjadi, kamu harus segera pergi konsultasi ke dokter karena ini biasanya jadi pertanda buruk.

Baca Juga: Miss V Terasa Gatal? Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

Selain memperhatikan aroma, kamu juga perlu waspada dengan cairan dari vagina atau biasa disebut keputihan yang mengalami perubahan warna atau konsistensi. Perubahan aroma juga bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki infeksi jamur atau IMS, seperti trikomoniasis.