Beauty, momen masa kecil memang masa-masa yang paling bahagia. Apalagi makanan dan camilannya, selain enak bentuknya juga unik! Salah satunya adalah es gabus pelangi, kreasi kue hun kwee yang teksturnya halus, lembut, dan kenyal saat digigit. Biasanya, penyajian es gabus ada dua macam, yakni berbentuk potongan atau di dalam mangkuk.

Waduh, jadi makin kangen ya, Beauty? Sayangnya es gabus sekarang agak jarang didapat. Tapi jangan khawatir. Kamu bisa mencicipi makanan kecil nan lezat ini, dengan membuatnya sendiri. HerStory telah merangkum resepnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Resep Creamcheese Stuffed Brownies with Ovomaltine, Camilan Manis Teman Nyantai di Sore Hari!

Baca Juga: Resep Simple Dorayaki ala Rumahan, Cocok Nih Buat Temani Si Kecil Kalau Lagi Belajar Online!

Bahan-bahan Es Gabus Pelangi:

  • 150 gram tepung hun kwee
  • 400 ml santan
  • 350 susu cair
  • 200 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Es Gabus Pelangi:

  1. Masukkan tepung hun kwee, gula pasir, garam, dan santan ke dalam panci. Aduk rata.
  2. Bagi adonan menjadi tiga bagian, teteskan pewarna pada masing-masing adonan, misalnya merah, kuning, dan hijau.
  3. Untuk adonan warna merah, masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup. Bila adonan sudah mulai mengental bahkan berat saat diaduk, tuang ke dalam loyang yang sudah dilapisi plastik. Sisihkan.
  4. Untuk adonan warna kuning, ulangi cara memasak seperti kamu memasak adonan warna merah. Ketika adonan warna merah sudah dingin, tuang adonan warna kuning ke dalam adonan warna merah.
  5. Sembari menunggu adonan kuningnya dingin, ulangi proses memasak adonan hijau. Bila sudah mulai kental dan padat, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diisi dengan lapisan adonan merah dan hijau.
  6. Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit. Kemudian simpan di dalam freezer kurang lebih 15 menit. Jika sudah mulai menyatu, potong es gabus pelangi kamu satu demi satu dan bungkus plastik.
  7. Simpan di dalam freezer hingga membeku. Sajikan.

Selamat mencoba!