Beauty, kamu tipe orang yang suka sarapan atau malah skip sarapan setiap hari? Kalau suka skip, sebaiknya kamu berubah haluan deh. Pasalnya banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan saat sarapan, salah satunya bisa kontrol gula darah. Kenapa gitu?

Selama bertahun-tahun, para ahli nutrisi mengatakan bahwa sarapan yang sehat adalah kunci sukses dalam menjalani hari. Dan penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat untuk kesehatan jika melakukan sarapan.

Baca Juga: Buat Kamu yang Memiliki Penyakit Diabetes, Makanan Ini Harus Kamu Hindari Ya!

Ternyata sarapan bisa membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Untuk orang-orang dengan hasil tes glukosa normal, ini dapat membantu untuk menghindari resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes. Gula darah yang tinggi juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat kamu merasa lebih gugup, atau jadi pemarah.

"Jika kamu menderita diabetes, jangan pernah melewatkan sarapan. Ketika penderita diabetes melewatkan makan pagi, mereka lebih cenderung mendapatkan gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia," kata Osama Hamdy, MD, PhD,.

Gula darah rendah pun bisa membahayakan kesehatan. Itu bisa membuat tubuh merasa lelah, cemas, mudah tersinggung, atau gemetar. Gejala yang lebih serius termasuk detak jantung yang tak terartur dan kejang.

Melansir laman Webmd (4/6/2020), formula dasar untuk sarapan adala memasangkan karbohidrat dengan protein. Karbohidrat bermanfaat untuk memberi energi pada tubuh untuk memulai aktivitas dan memberikan bahan bakar pada otak. Sedangkan protein bermanfaat memberikan daya tahan pada tubuh dan membantu tubuh untuk merasa kenyang sampai jam makan berikutnya.

Baca Juga: Yuk Mulai Rajin Konsumsi Sayuran Hijau! Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Lho

Kesalahan paling umum yang kita buat adalah tidak cukupnya protein saat sarapan. Jessica Crandall, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan 20-30 gram protein di pagi hari. Kebutuhan itu akan bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan seberapa aktif individu tersebut untuk menjaga massa otot dan metabolisme kita.