Kurang tidur sering banget terjadi pada sebagian orang. Biasanya, kurangnya tidur dikarenakan oleh insomnia alias enggak bisa tidur. Insomnia dapat menyebabkan tubuh nyeri lho. Menurut National Sleep Foundation menjelaskan bahwa ada dua sampai tiga orang mengalami nyeri kronis karena kesulitan tidur.

Menurut Adam Krause, Ph.D, dari Center for Human Sleep Science di University of California mengatakan bahwa aktivitas pada korteks somatosensori dikaitkan dengan lokasi dan intensitas nyeri serta bertambah setelah seseorang mengalami kurang tidur.

Baca Juga: Tak Usah Gunakan Obat Tidur, 3 Cara Ini Bikin Tidur Kamu Nyenyak Lho..

Baca Juga: Patut Tahu! Kurangnya Tidur dapat Pengaruhi Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Lokasi tersebut berada di striatum dan insula, di mana kedua lokasi ini mengontrol pelepasan dopamin yang disebut 'hormon kesenangan'. Sebuah penelitian Adam Krause menjelaskan bahwa kualitas dan kuantitas tidur yang baik mampu mengurangi rasa nyeri pada tubuh kamu.

"Ada bukti yang sangat kuat hingga saat ini bahwa tidur (dalam waktu) pendek atau tidur yang terganggu, meningkatkan rasa sakit pada hari berikutnya," tutur Monika Haack, profesor neurologi Beth Israel Deaconess Medical Center's Human Sleep & Inflammatory Systems Laboratory di Boston