Saat ini hampir semua orang berusaha menjaga kesehatan karena pandemi corona, namun banyak juga wanita yang berusaha menjaga kesehatan payudaranya. Rupanya, satu dari delapan wanita di dunia berisiko kanker payudara.

Meskipun genetika jadi risiko terbesar seorang wanita terjangkit kanker payudara, ada faktor gaya hidup juga yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit ini. Penelitian telah menemukan bahwa racun dari deodoran, kekurangan vitamin D, hormon dan masalah kesehatan lainnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Baca Juga: Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

Untuk itu, melansir laman medical daily (4/6/2020) inilah beberapa tips tentang cara merawat payudara dan meningkatkan kesehatan payudara:

Konsumsi Makanan yang Sehat

Studi tertentu telah menemukan bahwa bahan kimia seperti paraben dan aluminium dalam makanan olahan sangat berdampak pada risiko kanker payudara. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan segar dan hindari makanan dalam kemasan. Makanan yang dimasak di rumah harus lebih disukai daripada makanan cepat saji dan makanan ringan.

Konsumsi Suplemen Tambahan

Tip lain untuk menjaga kesehatan payudara adalah dengan mengonsumsi suplemen yang baik untuk payudara. Yang paling direkomendasikan adalah suplemen vitamin D. Selanjutnya adalah suplemen omega-3. Keduanya ditemukan menurunkan risiko kanker payudara, serta kondisi tertentu seperti peradangan.

Baca Juga: Ternyata Jarang Pakai Bra Bisa Sebabkan Payudara Kamu Kendur Lho Beauty! Kenapa ya? Ini Kata Ahli

Gunakan Bra yang Tepat

Tip ketiga adalah memilih bra yang tepat. Para ahli seperti Michael Schachter, MD, mengatakan bahwa memakai bra yang salah adalah salah satu faktor risiko terkena kanker payudara karena bra ketat dapat menghambat cairan getah bening yang mengalir ke kelenjar getah bening di ketiak. Ketika ada penyumbatan pada drainase limfatik, bahan kimia beracun bisa terjebak di payudara dan kemudian menyebabkan kanker payudara.

Rutin Periksa ke Dokter

Selain, pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) yang bisa dilakukan di rumah, hal yang tak kalah penting adalah pemeriksaan rutin ke dokter. Periksa ke dokter jika kamu sudah merasa ada yang tak beres dengan kondisi di payudaramu.