Dunia kini tengah menghadapi pandemi virus corona sejak awal tahun 2020 lalu. Seperti yang diketahui bahwa virus corona menyerang pernapasan sehingga bisa menyebabkan kematian.  Ada banyak hal yang belum diketahui tentang virus corona, mengingat bahwa virus ini merupakan corona jenis baru yang menyerang manusia. Gambaran umum yang diketahui adalah COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, di mana virus ini menyerang paru-paru sehingga menyebabkan masalah di pernapasan.

Seperti disebutkan di atas bahwa virus corona adalah masalah pernapasan. Oleh sebab itu, saat ini penting untuk kita menjaga kesehatan paru-paru. Tetapi bagaimana caranya?

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Berhenti Merokok

Sudah jadi rahasia umum bahwa merokok dapat merusak paru-paru. Di saat pandemi seperti ini, merokok juga bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus corona lho. Merokok sangat berbahaya bagi paru-paru, biasanya ini menyebabkan iritasi pada saluran udara paru-paru yang menyebabkan kerusakan permanen. Dalam banyak kasus, merokok juga dapat menyebabkan kanker. Karena itu, berhenti merokok adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan tubuh.

Olahraga

Selain berhenti merokok, cara ke dua lain yang dapat menyehatkan paru-paru adalah dengan rutin berolahraga. Sudah tidak mengejutkan lagi bukan? Olahraga secara harfiah bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, bahkan mental seseorang.

Sedangkan untuk paru-paru, berolahraga dapat meningkatkan kemampuan bernafasnya. Selain latihan fisik seperti kardio, latihan pernapasan seperti yoga juga sangat bermanfaat untuk paru-paru. Olahraga adalah salah satu cara termudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Baca Juga: Olahraga Jadi Aktivitas Rutin saat Pandemi? Ingat Jangan Berlebihan Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh...

Mengurangi penumpukan lendir berlebih

Lendir yang ada pada tubuh itu sebenarnya terjadi secara alami. Namun, jika jumlah lendir terlalu banyak dapat mengiritasi saluran hidung dan bahkan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Dengan demikian, kamu bisa mengendalikan jumlah lendir dengan mandi air panas atau menggunakan semprotan hidung. Selain itu, konsumsi makanan pedas juga bisa mengencerkan lendir dan membiarkannya keluar.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan ya, Beauty!