Menu

Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

30 Maret 2020 15:10 WIB
Yuk,  Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Kumpulan sayur-sayuran. (unsplash/Inigo De La Maza)

HerStory, Jakarta —

Beauty, di tengah pandemi virus Corona, pemerintah dan para ahli telah mendororong dan menghimbau untuk masyarakat agar melakukan social distancing, manjalani isolasi mandiri, dan tentu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur pakai sabun dan air. Tapi, Beauty tau nggak sih? Ternyata ada hal lain yang penting diingat, hal pertama yang diserang oleh virus Corona pada COVID-19 adalah sistem pernapasan, yang berarti paru-paru kita lho!

Karena itu Beauty, sangat penting merawat paru-paru kita dengan benar, karena mencuci tangan saja tampaknya kurang efektif jika paru-paru kita tidak cukup sehat untuk menahan infeksi apa pun dengan sendirinya. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, untuk membantu melindungi dari berbagai kondisi pernapasan.

Baca Juga: Viral! Pengunjung Pakai APD ke Supermarket, Warganet: Besok Pake Kain Kafan Sekalian Ya!

Nah, kira-kira apa aja sih makanan bergizi yang harus kita konsumsi agar paru-paru tetap sehat dan bisa terhindar dari penularan virus COVID-19 ini? Beauty, enggak perlu khawatir HerStory telah merangkum dari berbagai sumber. Simak baik-baik ya!

Berikut lima makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru:

Apel

Sebuah apel sehari bukan hanya akan menjauhkan kita dari dokter, tapi juga membantu menjaga dari virus COVID-19. Ini karena apel kaya akan phytochemical yang dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang selanjutnya akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Sayuran hijau

Yang kedua adalah sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, yang semuanya penuh dengan nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang semuanya mendukung kesehatan paru-paru.

Teh hijau

Beauty, jika kamu menyukai minuman hangat yang menenangkan, teh hijau merupakan pilihan yang bagus karena dipenuhi dengan polifenol dan antioksidan yang dikenal membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru dalam berbagai penelitian. Selain itu, konsumsi teh hijau secara teratur juga diketahui mengurangi risiko mengembangkan penyakit paru obstruktif kronis.

Baca Juga: Minum Susu Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona? Ternyata Ini Lho Manfaatnya!

Bawang putih

Kamu juga dapat mencoba bawang putih, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang juga dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Hal itu juga dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru di masa mendatang.

Ikan salmon

Jika kamu pencinta makanan laut, ada kabar baik, karena salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Salmon juga dikenal rendah asam lemak omega 6 pro-inflamasi yang diketahui banyak ditemukan dalam makanan "modern" yang tak sehat. Selain itu, salmon merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh.

Nah Beauty, itulah makanan yang perlu kita konsumsi untuk menyehatkan paru-paru. Ohiya, ada satu lagi nih yang nggak kalah penting yaitu kurangi konsumsi MEROKOK, karena merokok juga bisa menyebabkan paru-paru kita menjadi kurang sehat. Selamat mencoba ya Beauty!

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Baca Juga: Selain Milkshake, Camilan Ini Bisa Bikin Kenyang Saat Sahur, Cocok untuk Pengganti Makanan Berat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ira Nur Aini