Menu

5 Jus yang Bisa Redakan Asam Urat, Gampang Bikinnya Moms!

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
08 Desember 2021 11:00 WIB
5 Jus yang Bisa Redakan Asam Urat, Gampang Bikinnya Moms!

Jus buah. (Freepik/detry)

HerStory, Bandung —

Penderita asam urat perlu memilih-milih buah yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa buah ternyata bisa membuat asam urat kamu kambuh lho.

Asam urat sendiri merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang enggak tertahankan bagi penderitanya. Selain itu, adanya pembengkakan dan juga rasa panas di persendian.

Asam urat bisa terjadi di semua sendi pada tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah sendi jaringan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung tiga sampai 10 hari. Pembengkakan juga enggak hanya terjadi di sendi, tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Apa Itu Asam Urat?

Di Indonesia, asam urat dan rematik sering kali disamakan. Padahal sebenarnya ini adalah dua penyakit berbeda.

Jangan sampai tertukar ya Moms, asam urat dan rematik adalah penyakit berbeda. Asam urat adalah penyebab nyeri pada sendi, sedangkan rematik adalah penyebab nyeri pada otot.

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. 

Seseorang yang suka mengonsumsi olahan makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat, seperti jeroan, hidangan laut, daging merah serta mengonsumsi minuman beralkohol, akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Halaman: