Menu

Wajib Banget Tahu! Ini Sederet Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2

Riana Agustian
08 Desember 2021 09:46 WIB
Wajib Banget Tahu! Ini Sederet Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), menyebut, tidak seperti tipe 1, diabetes tipe 2 dapat dicegah dalam banyak kasus.

Menurut Katherine Araque, MD, seorang ahli endokrinologi dan direktur endokrinologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John, semuanya itu tergantung pada faktor risiko yang dapat dikendalikan vs yang tak dapat dikendalikan.

Dikatakan Katherine, faktor risiko yang dapat kamu modifikasi mencakup hal-hal seperti tingkat aktivitas fisik dan diet, sedangkan faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan adalah ras dan kondisi medis tertentu.

Dikutip HerStory dari livestrong, Rabu (8/12/2021), berikut adalah faktor risiko tak terkendali yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Yuk simak, Beauty!

1. Riwayat diabetes gestasional selama kehamilan

Menurut riset, beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan genetik untuk mengembangkan diabetes tipe 2, dan kemudian paparan lingkungan tertentu dan faktor gaya hidup semakin meningkatkan risiko mereka.

Terlepas dari faktor risikonya sendiri, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah diabetes tipe 2.

  • Makan Makanan Sehat dan Seimbang

"Diet sehat mencakup asupan harian biji-bijian, banyak sayuran, buah-buahan berwarna, makanan probiotik dan prebiotik, dan makanan yang kaya asam lemak omega-3," Pamela Wooster, RDN, MEd, ahli diet klinis dan koordinator program diabetes dengan UCHealth Pusat Medis Lembah Yampa, kepada livestong.

Sementara nutrisi dan pilihan makanan sangat penting untuk mengelola diabetes tipe 2, Dr. Araque mengatakan, dia merekomendasikan untuk mengikuti kebiasaan diet sehat secara umum dibandingkan dengan satu rencana diet tertentu.

  • Batasi Makanan Olahan

Dikatakan Wooster, cobalah untuk menghindari makanan olahan yang mengandung sejumlah besar asam lemak tak jenuh ganda omega-6 (PUFA), asam lemak trans, lemak jenuh, kolesterol dan garam, karena mereka sangat terkait dengan perkembangan diabetes, resistensi insulin dan obesitas.

Memang, sebuah penelitian yang diterbitkan Desember 2019 di JAMA Internal Medicine menemukan bahwa proporsi yang lebih besar dari makanan ultra-olahan dalam makanan dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 terlepas dari faktor gaya hidup lainnya.

  • Tukar Asupan Karbohidrat

Mengganti karbohidrat olahan sederhana seperti roti putih, pasta, makanan yang dipanggang, minuman manis, dengan produk segar dapat membantu mengurangi resistensi insulin lho Beauty.

Buah beri khususnya seperti stroberi dan raspberry adalah pilihan yang bagus karena memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah kamu.

Dr. Araque juga merekomendasikan untuk memilih karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana kapan pun Anda memiliki kesempatan, karena ini dipecah lebih lambat, membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Contoh karbohidrat kompleks termasuk yang berikut, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS antara lain adalahhavermut, beras merah, biji gandum, kentang, kacang polong.

Halaman: