Setelah adanya pandemi corona ini, masyarakat jadi berlomba-lomba memperhatikan kesehatannya. Enggak heran deh kalau suplemen vitamin habis di mana-mana. Tapi, sebenarnya apa sih jenis vitamin yang efektif dalam memerangi virus corona?

Ternyata ada sebuah studi baru menunjukkan bahwa vitamin K yang ditemukan dalam beberapa kandungan keju berpotensi dapat membantu dalam memerangi COVID-19 lho!

Baca Juga: Haruskah Konsumsi Vitamin dan Suplemen di Tengah Pandemi Corona?

Bukan tanpa alasan, melansir laman Medical Daily (9/6/2020) menurut laporan, pasien yang meninggal atau dirawat di perawatan intensif karena virus ditemukan kekurangan vitamin K yang biasanya ditemukan dalam bayam, telur dan beberapa jenis keju. Dengan demikian, perubahan pola makan yang baru memunculkan harapan bahwa mengonsumsi vitamin K itu bisa memberantas penyakit virus untuk selamanya.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti yang sedang mempelajari pasien yang telah dirawat di Canisius Wilhelmina, rumah sakit di kota Nijmegen Belanda. Para peneliti dilaporkan dapat menemukan hubungan antara hasil COVID-19 parah dan kekurangan vitamin K.

Biasanya, SARS-CoV-2, virus penyebab sakit COVID-19, sering mengarah pada degradasi serat elastis yang ditemukan di paru-paru kita, yang menyebabkan pembekuan darah. Namun, vitamin K, yang biasanya berasal dari makanan dan kemudian diserap ke dalam saluran pencernaan kita, diketahui membantu dalam produksi protein yang membantu mengatur pembekuan darah ini. Vitamin K melindungi diri terhadap penyakit paru-paru yang mungkin mengganggu sistem pernapasan.

Baca Juga: Mengapa Vitamin D Sangat Penting Dalam Memerangi Virus Corona? Ini Penjelasan Ahli

Berkat penemuan ini, tim peneliti sekarang mencari dana untuk uji klinis. Rob Janssen, salah satu ilmuwan yang bekerja dalam penelitian ini, menyarankan masyarakat untuk rutin memiliki asupan vitamin K yang sehat setiap saat.

“Kita berada dalam situasi yang mengerikan dan mengerikan di dunia. Saran saya adalah meminum suplemen vitamin K tersebut. Bahkan jika itu (vitamin K) tidak membantu melawan Covid-19 yang parah, itu baik untuk pembuluh darah, tulang dan mungkin juga untuk paru-paru,” kata Janssen.