Pandemi virus corona membuat akitivitas jadi terbatas. Salah satunya aktivitas berolahraga. Beberapa tempat olahraga ditutup, selain itu masyarakat dituntut untuk diam di rumah. Olahraga yang menjadi pilihan adalah berjalan di atas treadmill. Apakah itu sama efektifnya dengan olahraga di luar ruangan?

Melansir laman Greatist (9/6/2020), olahraga treadmill memberikan efek yang lebih ringan untuk sendi. Orang yang menggunakan treadmill cenderung memiliki langkah yang lebih rendah dengan kecepatan langkah yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang berlari di luar. Jadi, menggunakan treadmill mungkin lebih baik bagi orang yang baru pulih dari cedera.

Baca Juga: Olahraga Jadi Aktivitas Rutin saat Pandemi? Ingat Jangan Berlebihan Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh...

Treadmill menang dalam hal kenyamanan karena dapat digunakan untuk berlari setiap saat sepanjang hari tanpa kendala musim, seperti panas ekstrem yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Berlari di luar ruangan dapat meningkatkan kelincahan karena jalanan cenderung memiliki permukaan yang enggak rata. Lincah jadi suatu keterampilan yang mungkin tidak dikembangkan jika olahraga menggunakan treadmill secara eksklusif.

"Ketika kamu berlari di luar, biasanya ada perubahan dalam pemandangan, perubahan arah, dan rasa eksplorasi. Kamu kehilangan itu ketika melakukan lari di dalam ruangan dengan berlari di tempat," kata Pamela Geisel, MS, CSCS.

Baca Juga: Enggak Pakai Ribet! Jalan Santai Jadi Olahraga Terbaik saat Pandemi Corona, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Sebaiknya olahraga lari dilakukan di ruang hijau yang menyegarkan. Dalam sebuah ulasan, para ilmuwan dari University of Exeter menemukan bahwa berlari dan berolahraga di lingkungan alami dikaitkan dengan perasaan revitalisasi dan keterlibatan positif yang lebih besar. Selain itu, orang yang berlari di lingkungan hijau akan mengalami penurunan ketegangan, rasa kebingungan, kemarahan dan depresi, hingga peningkatan keseluruhan tingkat energi dan kesehatan.

Kesimpulannya, treadmill berguna dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan atau cedera untuk olahraga. Namun, jika kamu ingin memiliki tujuan tambahan, seperti pelatihan untuk balapan atau ingin meningkatkan refleks, lebih baik lari di luar sambil melihat pemandangan. Kamu mungkin dapat menuai manfaat kesehatan mental ketika olahraga di ruangan terbuka.