Enggak semua orang menyadari apa yang menyebabkan kulit menjadi kering. Mereka juga menganggap bahwa memiliki masalah pada kulit bukan hal yang harus dipermasalahkan. Namun, apakah kamu tahu, kulit kering dapat menyebabkan berbagai masalah jika dibiarkan lho. Bisajadi timbul kerutan di mana-mana atau mengelupas yang membuat iritasi.

Kulit kering enggak hanya terjadi pada wajah saja. Kulit kering dapat terjadi di semua area kulit pada tubuh kamu. Namun, apa penyebabnya? Kenapa bisa kulit menjadi kering? Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2020) yuk kenali kebiasaan kecil yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca Juga: Waspada! 5 Gangguan Kulit ini Bisa Jadi Gejala Terinfeksi Virus Corona Lho, Apa Saja Ya?

Pengaruh iklim dan cuaca

Ketika suhu cuaca sedang turun alias cuaca dingin mampu membuat kulit kamu menjadi kering. beberapa ruam kulit mulai kehilangan kelembapannya karena udara dingin mampu menghempas kelembapan dari kulit lho.

Lapisan kulit luar yang mengandung minyak alami dan sel kulit yang mampu menahan air di dalam kulit, sehingga menjaga kulit kamu agar tetap lembut dan halus. Oleh karena itu, jangan lupa menggunakan pelembap ketika cuaca sedang dingin ya! Seperti musim hujan.

Pola makan dan nutrisi

dilansir dari Belfast Telegraph, salah satu dermatologis, dr. Terry Loong mengatakan bahwa beberapa minuman dan makanan mampu memberikan efek merusak kulit lho. Seperti, alkohol, produk susu, dan makanan tinggi gula.

Ketika seseorang meminum alkohol, kulit menjadi terlihat abu-abu karena alkohol mampu mempengaruhi organ hati yang bikin kulit jadi dehidrasi.

Baca Juga:Catat Ya! Ini Cara Hilangkan Kulit Mati, Say Bye Pori-pori Tersumbat

Kebiasaan mandi dengan air panas

Memang mandi menggunakan air panas membantu tubuh yang pegal menjadi segar kembali. Tapi, sangking kebiasaannya mandi dengan air panas mampu menyebabkan kulit kering lho.

Menurut  dr. Harry Dao, asisten profesor dermatologi di Baylor University menjelaskan bahwa kulit bisa menjadi kering dan iritasi karena mandi dengan air panas.

Enggak cocok sama sabun

Menggunakan segala jenis produk memang sangat cocok-cocokkan pada kulit kamu. Karena beberapa sabun ada juga yang bisa menghilangkan minyak alami pada kulit lho. Ada yang sangat keras untuk kulit dan memiliki sifat abrasif yang membuat kulit kering, dan ada juga sabun yang mampu menjaga kelembapan kulit.

menurut dr. Mehmet OZ, MD dalam laman Share Care menjelaskan bahwa kamu harus coba menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit kamu enggak menjadi kering. Hindari sabun yang mengandung alkohol dan wewangian yang berlebih.