Virus corona atau Covid-19 menyerang sistem pernapasan. Gejalanya pun berkaitan dengan sistem pernapasan kamu. Tapi, gejala virus corona juga bisa berpengaruh pada bagian tubuh lainnya, seperti kulit. Hal tersebut diketahui dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Dermatology.

Ahli dermatologi dari Spanish Academy of Dermatology diminta untuk membantu identifikasi pasien yang memiliki tanda kulit yang enggak bisa dijelaskan dan dicurigai sebagai gejala virus corona.

Baca Juga: Ingatkan Pentingnya Imunisasi Anak, Kemenkes: Jika Dilewatkan Sama Bahayanya dengan Corona

Dilansir dari Express, Senin (8/06/2020), ada beberapa tipe perubahan kulit yang ditemukan pada sejumlah pasien terinfeksi virus corona. Perubahan kulit seperti apa saja ya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Erupsi Vesikuler

erupsi vesikuler ditandai dengan kulit yang melepuh dan gatal. Dalam penelitian, ditemukan ada 9 persen kasus yang pasien corona memiliki gejala seperti ini dan berlangsung selama 10,4 hari. 

Lesi Urtikaria

Lesi urtikaria merupakan kondisi ketika area kulit berwarna merah muda atau putih menyerupai ruam. Biasanya menyebabkan gatal dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga: WHO: Untuk Cegah Corona, Masker Kain Harus Terdiri dari Tiga Lapisan Berbeda!

Livedo

Livedo merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh gumpalan darah kecil dan berkembang di dalam pembuluh darah kulit. Ini menyebabkan kulit berwarna merah atau biru dan beberapa di antaranya menyebabkan bisul dan benjolan.

Baca Juga: Sudah di Rumah tapi Masih Kena Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai!

Chilblain

Chilblain ini merupakan kondisi ketika terjadi luka kulit dan benjolan akibat suhu dingin. Dalam penelitian, ada 19 persen kasus seperti ini. Tanda-tandanya adalah gatal dan muncul bercak merah. Sebagian besar muncul di jari tangan dan kaki, tapi juga dapat muncul di area wajah pasien corona.

Makulopapular

Dalam penelitian, makulopapular ini ditemukan sekitar 47 persen pada kasus pasien positif terinfeksi virus corona. Makulopapular ditandai dengan benjolan yang mirip dengan pityriasis.

Beauty, itulah kelima gangguan kulit yang ditemukan pada pasien positif terinfeksi virus corona. Selalu jaga kesehatan, ya, Beauty!