Indera penciuman memang sangat membantu untuk mengendus bau-bau yang mencurigakan. Dengan menggunakan indera penciuman, kamu bisa mendeteksi bau makanan yang sudah enggak layak makan atau bau gosong pada saat kamu sedang memasak yang bisa berpotensi kebakaran.

Banyak sekali kegunaan dari indera penciuman. Nah, ternyata indera penciuman itu juga bisa membantu kamu agar tetap aman terhindari dari virus corona atau Covid-19. Bau seperti apa ya yang menunjukkan bahwa ada virus corona?

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Corona, Apakah Lari di Atas Treadmill Sama Efektifnya dengan Olahraga di Luar Ruangan?

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Virus Corona Berbentuk Inhaler Akan Siap Agustus Mendatang

Menurut Bruce Y. Lee, Profesor Kebijakan dan Manajemen Kesehatan di City University of New York School of Public Health, kalau kamu memasuki ruangan atau gedung dan mencium bau apek, itu merupakan indikator yang baik bahwa ruangan itu berisiko tinggi terdapat virus corona. 

Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, area yang tampak busuk, apek, dan pengap adalah pertanda bahwa udara di tempat tersebut enggak bergerak dan harus dihindari.

Bau yang busuk bisa menjadi pertanda ventilasi yang buruk. Nah, virus corona itu bisa ditularkan lewat droplet yang menyebar di udara, ventilasi yang baik sangat penting dalam menghilangkan patogen dari udara yang kamu hirup di dalam ruangan.

Baca Juga: Disebut Bisa Tingkatkan Risiko Kematian, Ilmuwan Sebut Klorokuin Berpotensi Cegah Infeksi Corona

"Ventilasi memiliki peran penting dalam menghilangkan udara yang dihembuskan sehingga menurunkan konsentrasi keseluruhan dan dosis berikutnya yang dihirup oleh penghuninya," tulis para ilmuwan di Pusat Penelitian Udara Bersih (gCARE).

Mulai sekarang, kalau kamu memasuki ruangan dan menghirup bau busuk atau bau apek, lebih baik kamu pindah ke ruangan yang lainnya, ya.