Menu

Omicron Bikin Cemas, Atasi dengan Kiat Cerdas Ini Beauty!

Riana Agustian
10 Desember 2021 06:20 WIB
Omicron Bikin Cemas, Atasi dengan Kiat Cerdas Ini Beauty!

Ilustrasi virus Corona (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, belakangan ini mungkin kita semua dikagetkan dengan munculkan varian Covid-19 baru bernama Omicron. Saat mendengar kata Omicron, mungkin kamu merasakan beberapa hal.

Kamu mungkin memiliki hati yang berat, merasa tertekan, dan pemikiran tentang pandemi akan segera berakhir, tiba-tiba dibuyarkan oleh Omicron.

“Pandemi telah membuat orang merasa trauma dan rentan dan Omicron ini seperti pemicu, seperti halnya situasi traumatis apa pun,” kata Dr. Vivian Pender, Presiden American Psychiatric Association (APA), sebagaimana HerStory lansir dari buzzfeednews.com, Jumat (10/12/2021).

Pender mengatakan ketika berita itu muncul, dia sendiri pun merasa lebih cemas, dan pasiennya mulai banyak yang meneleponnya.

"Saya telah melihat mereka menjadi lebih cemas daripada sebelumnya, bahkan sampai panik," katanya.

Sementara itu, Dr. Ashley Matskevich, Psikiater yang berbasis di Boston yang juga di Fakultas di Sekolah Kedokteran Harvard, pun mengalami hal serupa.

“Ketika varian ini muncul, ini seperti mengulang pengalaman 20 bulan lalu,” kata Dr. Ashley Matskevich.

Lantas, bagaimana cara menghadapi berita pandemi tentang Omicron ini?

Periksa diri sendiri

Setiap orang bereaksi berbeda terhadap berita. Kamu mungkin merasa cemas, takut, mati rasa, kesal, atau menyangkal. Atau bahkan kamupun mungkin menertawakan situasi yang terjadi.

Hampir setiap reaksi emosional adalah normal, kata Matskevich. Namun, ada baiknya untuk menyadari bagaimana perasaan kamu sendiri,

“Saya pikir Covid, dan terutama Omicron sekarang, dapat menambah masalah yang ada,” katanya.

Fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan

Satu hal yang pasti, ada banyak hal yang berada di luar kendali kita, dan itu termasuk varian Omiron.

Pender pun merekomendasikan untuk fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, seperti mengenakan masker saat berada di dalam ruangan, mendapatkan vaksinasi, dan menjadwalkan booster jika kamu memenuhi syarat.

Halaman: