Memiliki bibir yang lembap dan berwarna cerah adalah impian sebagian wanita. Namun, sayangnya sebagian wanita masih kurang memperhatikan bibirnya. Bahkan, ada yang sampai pecah-pecah dan gelap karena kesalahan produk kecantikan.

Bagi sebagian orang mungkin ada menutup bibir hitamnya dengan lipstik untuk sementara. Padahal, masih ada cara lainnya selain menutupi dengan lipstik lho. Dilansir dari Yourtango, Kamis (11/6/2020) yuk cobain cara ampuh agar kembali mera merona dan cerah.

Baca Juga: Dear Working Moms, 5 Lipstik Waterproof Ini Bikin Kamu Kece Seharian Lho, Tertarik Gak Nih?

Perhatikan kandungan produk kecantikan yang kamu gunakan 

Sebagian produk lipstik, lip balm, dan lip gloss mungkin mengandung bahan kimia yang dapat merusak bibir. Kamu harus memeriksa produk kecantikan kamu jika mengandung petroleum jelly, mineral oil, oxybenzone, BHA, dan BHT. kandungan yang baru disebutkan dapat membuat bibir kamu hitam dan juga pecah-pecah lho.

Oleh karena itu, gunakan produk kecantikan bibir yang mengandung bahan organik ya!

Pakai tabir surya di bibir

Enggak hanya melindungi kulit wajah dan tubuh, tabir surya juga mampu menjaga bibir dari sinar matahari. Oleh karena itu, bibir kamu enggak berubah menjadi kehitaman dan juga kering. 

Maka solusinya, yaitu mencari produk kecantikan bibir, contohnya lip balm yang mengandung SPF. Gunanya SPF mampu melindungi bibir dari sinar matahari.

Lakukan scrubbing pada bibir

Agar bibir kamu tetap cerah dan sehat, kamu perlu gunakan scrubbing pada bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir. Cari produk scrubbing yang cocok sama kamu, kemudian scrub atau gesekan pada bibir kamu secara perlahan dan jangan terlalu kencang. Dijamin deh jika rutin bibir kamu akan kembali cerah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Hitam, Bikin Aduhai Pokoknya!

Perhatikan pola makan kamu

Kamu juga harus menjaga pola makan kamu yang mempengaruhi kesehatan bibir. Kamu harus menghindari makanan yang terlalu berminyak, berlemak, dan alkohol untuk mengatasi bibir hitam.

Sebagai gantinya makan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak.

Berhenti mengigit bibir dan menjilat bibir

Ketika kamu menggigiti bibir atau menjilatnya, enzim pencernaan yang bergabung pada air libur mampu menghilangkan perlindungan kulit. Bisa saja karena itu, bibir kamu hitam dan pecah-pecah. Oleh karena itu, kamu harus menghilangkan kebiasaan ini secara perlahan ya