Kanker payudara merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita di dunia termasuk di Indonesia.  Menurut data WHO dan Kementrian Kesehatan Indonesia, jumlah pasien yang menderita kanker di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 136.2 per 100.000 penduduk. Di mana kanker payudara sangat banyak diderita oleh wanita dan kanker paru-paru banyak di derita oleh laki-laki.

Mengingat kanker payudara merupakan pembunuh no satu bagi wanita, enggak ada salahnya kamu sebagai wanita mencegah sejak dini. Caranya, yaitu mendeteksi penyakit kanker payudara lebih awal dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Dilansir dari Healthline, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga: Kesal Karena Susah BAB? Coba Konsumsi 3 Makanan Ini, Dijamin Bagus untuk Pencernaan!

Kale, brokoli, dan stroberi

Menurut salah satu studi yang melibatkan 91 ribu wanita menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi makanan sayur dan buah mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 15%. Kandungan flavonoid pada sayur dan buah mampu memberikan manfaat pada kesehatan. 

Oleh karena itu, beberapa sayuran dan buah yang direkomendasikan, yaitu sayuran berdaun hijau tua seperti kale dan brokoli, buah stroberi, blueberry, blackberry, persik, dan kacang-kacangan seperti. Disarankan untuk mengonsumsi minimal lima sampai sembilan porsi dalam sehari.

Wortel, tomat, dan ubi jalar

Sayuran dan buah selanjutnya, yaitu memiliki kandungan karotenoid yang mampu mengurangi risiko kanker payudara. Biasanya kandungan ini sering ditemukan pada buah dan sayur berwarna merah, oranye, hijau tua, dan kuning.

Sayuran dan buah seperti ini kaya akan vitamin A, lutein, beta karoten dan likopen yang mampu melawan radikal bebas. Contohnya, wortel, tomat, aprikot, dan ubi jalar.

Baca Juga: Dear Working Moms, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, Agar Tetap Fit Meski Kerja Seharian!

Alpukat, minyak zaitun, dan salmon

Banyak makanan yang mengandung tinggi lemak dapat sebabkan obesitas. Penderita obesitas lebih berisiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi asupan tinggi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, alpukat, dan ikan salmon.

Salah satu studi membuktikan bahwa kalori dari makanan yang mengandung omega-3 tinggi seperti salmon mampu menurunkan risiko kanker hingga 35%.

Tahu, tempe, dan edamame

Salah satu bahan alami makanan, kedelai merupakan bahan sehat yang mampu mengurangi risiko kanker payudara. Kedelai mengandung kaya protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan rendah karbohidrat.

Baca Juga: Wajib Tahu! Penelitian: Kedelai Dapat Turunkan Risiko Kanker Payudara

Kedelai juga mengandung antioksidan yang berjenis isoflavon yang mampu mengurangi risiko kanker payudara. Oleh karena itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang berbahan kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan kacang kedelai.