Memiliki rambut keriting perlu perawatan ekstra di dalamnya. Hal ini tentu agar membuat rambut tetap sehat, enggak mudah kusut, mengembang, apalagi menjadi kering. Tapi Beauty, merawat rambut keriting bukan sesuatu yang sulit kok! Ya, memang kalau secara alami helaian rambut keriting itu jauh lebih pipih ketimbang rambut lurus. Hal inilah yang membuatnya mudah patah dan seringkali rontok.

Kalau rambut keriting dirawat dengan cara yang tepat, dijamin deh urusan rambut patah dan rontok enggak bakal kamu alami. Penasaran bagaimana merawat rambut keriting agar tetap sehat? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020), berikut 4 tips di antaranya:

Baca Juga: Dear Bumil, Ini 5 Rekomendasi Merek Shampo Lokal yang Paling Aman untuk Ibu Hamil, Ampuh Atasi Rambut Rontok!

Pilih shampoo yang tepat

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah memilih shampoo yang tepat. Salah memilih produk, bisa saja menjadi musuh bagi rambut keritingmu itu. Beauty, yang perlu kamu perhatikan ialah pilih shampoo non-sulfate dengan kandungan deterjen yang jauh lebih rendah ketimbang shampoo lainnya.

Shampoo dengan kandungan deterjen yang lebih banyak, akan membuat rambutmu menjadi kering dan kelembapan kulit kepala ikut berkurang. Biar aman, kurangi penggunaan shampoo dan ganti dengan menggunakan conditioner.

Kamu bisa memilih produk conditioner dengan kandungan kelapa dan bebas dari silikon yang bisa saja merusak sambut bila dgunakan terus menerus.

Keringkan secara alami

Setelah membersihkan rambut menggunakan shampo, kamu bisa mengeringkannya secara alami. Pilih handuk berbahan kaos dan cukup ditepuk-tepuk ke rambut keritingm itu. FYI aja nih, hindari penggunaan hair dryer karena bisa membuat rambut menjadi kering dan juga mengembang.

Baca Juga: Rambut Berserakan karena Rontok yang Berlebih? Kenali Penyebabnya Ini!

Sisir dalam keadaan basah

Sebelum mengeringkannnya secara alami, kamu juga bisa menyisir rambut keriting dalam keadaan basah. Menyisir rambut keriting dalam keadaan sudah kering, bisa membuatnya menjadi kusut dan juga mudah patah. Beauty, kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang agar enggak sakit bila digunakan.

Pakai vitamin rambut

Satu hal yang enggak boleh kamu lewati ialah menggunakan minyak atau vitamin rambut. Kandungan di dalamnya mampu memberikan nutrisi pada rambut keritingmu itu, Beauty. Rambut akan jauh lebih kokoh, enggak mudah kusut, dan pastinya lebih sehat.