Telur infertil adalah telur yang enggak menetas atau sengaja enggak ditetaskan. Telur infertil biasa disebut juga telur HE (hatched egg) yang seharusnya enggak dijual sebagai telur konsumsi. Telur jenis ini sebaiknya dimusnahkan karena sangat rentan menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri yang membuat telur cepat membusuk.

Beauty, kamu perlu tahu kalau telur infertil itu sebenarnya bisa menjadi anak ayam kalau disimpan dalam suhu yang cocok. Tapi, kalau suhu ruangan enggak cocok, pertumbuhannya menjadi enggak sempurna dan akhirnya membusuk. 

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 5 Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui!

Risiko mengonsumsi telur infertil

Mengonsumsi telur infertil berbahaya bagi kesehatan karena telur jenis ini akan disemprot zat kimia yang berbahaya sebelum dijual. Makanya, sekarang kamu harus lebih teliti ya kalau membeli telur. Lebih baik kamu membeli telur dengan harga yang normal-normal saja, daripada harga murah, tapi malah berbahaya.

Baca Juga: Berguna atau Celaka, Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Telur Mentah

Ciri-ciri telur infertil

Untuk menjaga suatu hal yang enggak diinginkan, kamu harus membeli telur dengan hati-hati. Yuk, simak ciri-ciri telur infertil agar kamu enggak salah beli.

  1. Telur infertil biasanya dijual dengan harga yang murah, bahkan bisa sampai 50 persen dari harga pasaran telur yang biasanya. Harganya berkisar antara Rp7.000 sampai Rp15.000 per kg.
  2. Cangkang telur infertil berwarna lebih pucat atau putih.
  3. Telur infertil lebih cepat busuk. Biasanya hanya bertahan kurang dari satu minggu.

Nah, Beauty, sekarang kamu sudah tahu kan ciri-ciri telur infertil. Kamu harus lebih berhati-hati, ya!