Baca Juga: Melalui Program Sekolah dan Pesantren Sehat, Unilever Ajarkan 10 Juta Anak Kebiasaan Bersih dan Sehat!

Saat ini Indonesia mengalami keadaan darurat atas ketidak seimbangan gizi. Menurut data riset kesehatan dasar di tahun 2018 sebanyak 23 juta anak mengalami permasalahan yang berkaitan dengan gizi yang enggak seimbang. Indikator ini dari tingginya angka stunting dan obesitas pada anak.

Untuk memperbaiki kondisi ini, tentunya memerlukan peran yang sangat penting dari sosok ibu dalam menentukan gaya hidup sehat atau makanan sehat di rumah. Enggak hanya harus menyediakan makanan yang mengenyangkan tetapi juga gizi yang seimbang.

Salah satu acuan yang dapat digunakan untuk memastikan keseimbangan asupan nutrisi keluarga indonesia adalah pedoman Isi Piringku yang dicanangkan oleh kementerian kesehatan Republik Indonesia. Dan pedoman ini mengajak masyarakat mengisi piringnya dengan asupan karbohidrat protein vitamin dan mineral seimbang.

Baca Juga: Marak Stunting dan Obesitas, Ketahui Bagaimana Cara Penuhi Gizi Anak

Guna bantu ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak, Royco, meluncurkan program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’. Program ini adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah Garut untuk mendukung program Isi Piringku yang merupakan penerapan dari Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai upaya pencegahan risiko ketidakseimbangan gizi.

“Royco berkomitmen untuk membantu para Ibu untuk menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi. Kehadiran program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang yang tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan generasi masa depan Indonesia,” ujar Hernie Rahardja, Director of Foods & Beverages Unilever Indonesia (28/1/2020).

Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan untuk menginspirasi Ibu mempersiapkan masakan yang lezat, sehat dan terjangkau. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau.