Ketika seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk membuat vaksin Covid-19, beberapa ahli justru menyarankan vaksin yang sudah ada untuk digunakan. Salah satunya adalah vaksin polio. Kenapa begitu?

Ternyata ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa vaksin polio melindungi anak-anak dari berbagai infeksi dan patut dicoba untuk melawan virus corona. Vaksin polio oral disebut sebagai pilihan yang aman, murah, mudah diberikan, dan tersedia lebih dari 140 negara dengan lebih dari 1 miliar dosis diproduksi dan digunakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Hasil Uji Klinis Menjanjikan, Ahli Optimis Vaksin Corona Siap Akhir Tahun 2020

"Akan masuk akal untuk setidaknya mengujinya untuk melihat apakah itu membantu melawan virus corona," kata Konstantin Chumakov dari FDA dan Dr. Robert Gallo dari Institut Virologi Manusia di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, seperti yang dikutip dari CNN (16/6/2020).

Gallo bersama-sama menemukan virus yang menyebabkan AIDS sementara Chumakov adalah associate director untuk penelitian di divisi vaksin FDA.

"Kami mengusulkan penggunaan OPV (vaksin virus polio oral) untuk memperbaiki atau mencegah COVID-19. Baik virus polio dan virus corona adalah virus RNA untai positif. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa mereka dapat menginduksi dan dipengaruhi oleh mekanisme kekebalan bawaan bawaan. Vaksin virus polio oral khususnya, dapat memberikan perlindungan sementara terhadap penyakit coronavirus," tulis para ahli

Baca Juga: Masuk Tahap Kedua, Ilmuwan Yakin 99% Vaksin Corona Efektif

Seperti diketahui bahwa virus corona telah menginfeksi lebih dari 2 juta orang di Amerika Serikat dan membunuh hampir 114.000 jiwa. Dengan jumlah orang yang terinfeksi tersebut, belum ada kepastian mengenai kapan vaksin Covid-19 akan tersedia, tetapi targetnya adalah tahun depan.

Vaksin dalam pengembangan di seluruh dunia berada dalam berbagai tahap pengujian. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan dia yakin salah satu kandidat vaksin akan terbukti aman dan efektif pada kuartal pertama 2021.