Darah rendah adalah kondisi di mana tekanan darah yang dihasilkan berada di bawah 90/60 mmHg (milimeter merkuri), padahal tekanan yang normal mencapai 120/80 mmHg. Kondisi seperti ini disebut hipotensi. Biasanya, seseorang yang mengalami darah rendah akan terkena gangguan kesehatan seperti pusing dan lemas. Darah rendah juga dapat terjadi pada siapa saja, baik itu orang tua atau anak-anak.

Nah, untuk itu banyak cara untuk mengatasi darah rendah supaya tekanan darahnya kembali normal lagi, sehingga hal ini mampu meringankan gejala kesehatan yang dialami orang atau kamu. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (16/6/2020) kira-kira selain pola makan apa lagi ya?

Baca Juga:Katanya 4 Kebiasaan Ini Mampu Cegah Diabetes, Ingin Coba?

Meningkatkan cairan pada tubuh

Meningkatkan volume cairan atau sering meminum air putih mampu mencegah terjadinya dehidrasi, di mana hal ini penting untuk menangani darah rendah. Pastikan kamu meminum minimal 8 gelas air putih sehari.

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi asupan buah dan sayur-mayur yang mengandung banyak air, salah satunya semangka. Semakin banyak cairan, semakin meningkatnya volume darah dan jumlah darah di dalam pembuluh darah arteri. Sehingga darah rendah tak terjadi.

Pola makan yang sehat

Sehabis makan, kamu bisa saja mengalami penurunan tekanan darah. Mengapa?  Karena aliran darah di tubuh akan lebih difokuskan atau dialirkan ke saluran pencernaan. Nah, untuk mengatasi tekanan darah rendah sehabis makan, kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, mie, dan lainnya. Lebih baik sering makan namun sedikit-sedikit.

Baca Juga: Awas! Tidur Terlalu Lama Sebabkan Gangguan Kesehatan! Salah Satunya, Diabetes

Jangan terlalu sering untuk berdiri

Orang yang sering berdiri lebih lama dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sebanyak 20 mmHg dan diastol 10 mmHg ketimbang duduk dan berbaring.

Pasalnya, ketika kamu berdiri, gaya gravitasi mampu sebabkan darah mengalir ke bagian tubuh yang bawah, perut dan kaki. Oleh karena itu, usahakan jangan diri terlalu lama.

Perhatikan posisi tubuh

Untuk kamu yang punya darah rendah, lebih baik setelah bangun tidur jangan langsung berdiri atau bangkit. Duduk-duduklah di kasur terlebih dahulu selama beberapa menit baru kamu bangkit dari tempat tidur.

Kamu juga dapat meletakkan dua bantal pada kepala kamu untuk melawan efek gravitasi yang bikin pusing. Selain itu, jika saat bangkit dari tempat tidur masih merasa pusing, renggangkan otot-otot kaki seperti menendang ke depan.