Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang suka banget pakai kontak lensa alias softlens karena alasan tertentu. Entah memiliki masalah penglihatan dan malas pakai kacamata, atau mungkin hanya untuk menunjang penampilan agar terlihat cantik dengan mata yang berwarna. Ya, memang bisa dikatakan dengan memakai softlens dapat meningkatkan percaya diri lantaran mata yang terlihat indah.

Tapi Beauty, siapa sangka kalau dibalik keindahan mata dengan menggunakan softlens justru menyimpan bahaya di dalamnya. Terlebih lagi kalau kamu membeli softlens dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang umumnya dipasarkan. Kamu seharusnya perlu mawas diri saat hendak membeli softlens dengan harga yang ditawarkan justru jauh lebih murah.

Baca Juga: Pengguna Lensa Kontak Perlu Waspada, Bakteri Bisa Penuhi Matamu!

Enggak cuma itu, kamu pun harus mencari produk softlens yang cocok dengan matamu dan mampu merawatnya dengan baik. Banyak bahaya yang bisa terjadi pada matamu dari penggunaan softlens murah. Mengutip dari laman Florent BeautyRabu (17/6/2020), berikut beberapa bahaya dari penggunaan softlens murah yang bisa saja terjadi:

  • Reaksi alergi terhadap softlens

  • Penglihatan menjadi kabur

  • Mata terasa terbakar, gatal, atau sakit.

  • Sensitif terhadap cahaya

  • Mata merah

  • Peradangan mata yang diikuti rasa sakit.

Baca Juga: Segera Beralih ke Kacamata! Penggunaan Lensa Kontak Lebih Berisiko Terpapar Virus Corona

Bahkan Beuaty, dalam kondisi serius softlens murah juga bisa mengakibatkan kebutaan kalau enggak langsung ditangani. Oleh karena itu, berhentilah menggunakan softlens murah kalau kamu sudah merasakan beberapa gejala seperti keluarnya air mata berlebih, mata terasa prih dan juga gatal. 

Banyak ragam warna softlens yang menggoda, tapi kamu tetap harus berhati-hati sebelum membelinya. Jangan tergiur dengan penawaran murah yang diberikan karena bisa saja banyak bahaya yang ditimbulkan.

Semoga bermanfaat!