Menu

Bank OCBC NISP: Bukan Sekadar Isu Sosial, Kesetaraan Gender Adalah Faktor Pendorong Pertumbuhan Bisnis

29 Desember 2021 20:40 WIB
Bank OCBC NISP: Bukan Sekadar Isu Sosial, Kesetaraan Gender Adalah Faktor Pendorong Pertumbuhan Bisnis

Ilustrasi affirmative action (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Medan —

Hingga kini cita-cita tercapainya kesetaraan gender masih terasa jauh untuk digapai. Pasalnya masih ada segmentasi gender pada beberapa sektor industri yang bersifat deskriminatif atas dasar gender.

Perempuan masih rentan dan minim terlibat dalam sektor perekonomian sebab dianggap memiliki status yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Tak hanya itu, perempuan kesulitan untuk mendapatkan peran yang setara sebab dipandang hanya sebagai pendamping saja.

Hasilnya, sangat minim partisipadi perempuan dalam dunia kerja. Hal tersebut terjadi karena kesetaraan antara perempuan dan laki-laki khususnya dalam insudtri pekerjaan masih belum seimbang.

Penelitian oleh Mc. Kinsey (2021) mencatat bahwa keberadaan perempuan masih kurang terwakili di seluruh jenjang karir perusahaan. Padahal, kehadiran perempuan dalam jajaran pimpinan akan memberikan keragaman dalam pengambilan keputusan yang strategis dan berimbang.

Berangkat dari timpangnya partisipasi perempuan dalam dunia kerja, Bank OCBC NISP ingin mendorong perempuan untuk aktif di industri ekonomi. Kesetaraan gender merupakan prinsip ekonomi cerdas yang memberikan peluang berkeadilan dalam pemberdayaan ekonomi dan kesempatan memimpin untuk perempuan.

Guna mencapai tujuan tersebut, Bank OCBC NISP terus aktif bergerak. Berikut langkah yang dilakukan untuk mendorong kesetaraan gender dalam perusahaan.

1.Membangun Keseragaman Pemahaman tentang Kesetaraan Gender

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan pemahaman yang sama soal pentingnya kesetaraan gender dalam perusahaan. Bank OCBC NISP melihat bahwa perempuan dan laki-laki memang berbeda namun disaat yang sama memiliki peran yang setara dan saling melengkapi.

Kesetaraan gender bukan sekadar isu sosial, keadilan atau moral semata, namun merupakan prinsip ekonomi cerdas yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahani soal urgensi kesetaraan gender ini.

Baca Juga: Sambut Hari Perempuan Nasional, HeForShe Run 2020 Hadir Demi Dukung Kesetaraan Gender

Baca Juga: Stereotip Gender, Bagaimana Harus Melawan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.