Beauty, ada kabar bahagia! Pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa produksi vaksin virus corona akan siap di akhir tahun 2020 ini lho. Produksi vaksin ini pun diperkirakan mencapai ratusan juta dosis.

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa sedang membuat rencana untuk memutuskan siapa yang berhak menerima batch dosis pertama begitu vaksin disetujui.

Baca Juga: Wah! Ilmuwan Sebut Vaksin Polio Bisa Efektif Lawan Virus Corona, Benar Enggak Sih?

"Jika kita beruntung, akan ada satu atau dua kandidat vaksin yang selesai sebelum akhir tahun ini," kata kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan dalam konferensi pers virtual seperti dikutip dari Fox News (19/6/2020).

Ia mengatakan bahwa vaksin corona harus diprioritaskan untuk para tenaga medis yang jadi garda terdepan tangani pasien COVID-19. Selain tenaga medis, vaksin virus corona juga harus diprioritaskan pada orang-orang yang rentan, seperti para lansia dan mereka yang memiliki penyakit bawaan.

"Penggunaan vaksin harus dimulai dari yang paling rentan kemudian baru diberikan kepada lebih banyak orang," katanya.

Baca Juga: Hasil Uji Klinis Menjanjikan, Ahli Optimis Vaksin Corona Siap Akhir Tahun 2020

Pihak WHO mencatat bahwa data analisis genetik yang dikumpulkan sejauh ini menunjukkan bahwa COVID-19 belum bermutasi dengan cara yang akan mengubah keparahan penyakit.