Sarapan pagi menjadi suatu hal penting yang enggak boleh terlewatkan. Tapi, para pejuang diet kerap kali melewati sarapan dengan dalih mengurangi asupan makanan. Beauty, satu hal yang perlu kamu tahu,  menurunkan berat badan itu bukan berarti juga harus mengurangi asupan makanan lho. Kamu hanya perlu memilih asupan yang tepat agar berat badan ideal tetap terjaga. Salah satunya dengan mengonsumsi menu sarapan yang sehat.

Sarapan yang sehat itu harus seimbang dan menghasilkan protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Nutrisi tersebut mempu membuatmu merasa kenyang dan bersemangat mengawali hari. 

Baca Juga: Apakah Sarapan Penting Dilakukan? Ketahui Faktanya di Sini!

Nah, biar kamu bisa menurunkan berat badan tanpa harus melewatkan sarapan, pilih menu sarapan sehat berikut ini seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/6/2020).

Raspberry

Perlu Beauty tahu, secangkir raspberry menghasilkan  8 gram serat lho! Suatu penelitian dalam Journal of Nutrition menyarankan makan dengan kandungan serat lebih banyak dapat mencegah kenaikan berat badan atau bahkan mendorong penurunan berat badan. Para peneliti juga mengatakan kalau meningkatkan serat sebesar 8 gram untuk setiap 1000 kalori menghasilkan sekitar 4 1/2 pon berat badan yang turun.

Telur

Kalau menu sarapan yang satu ini, mungkin di antara Beauty sudah sering memakannya. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman Eating Well mengatakan, orang yang makan telur saat sarapan akan merasa kenyang lebih lama dan kehilangan lebih dari dua kali lipat menurunkan berat badan.

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Jangan Skip Sarapan Ya! Terlebih untuk Kamu yang Miliki Diabetes...

Pisang

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan buah pisang sebagai menu alternatif untuk sarapan yang sehat. Satu buah pisang berukuran sedang, mengandung 100 kalori dan 3 gram serat di dalamnya. Serat membantu memperlambat pengosongan perut dan menekan untuk makan lebih banyak. 

Enggak cuma itu, pisang merupan sumber tepung yang baik, sejenis tepung yang ampuh dicerna oleh perut dan usus kecil. Sebuah penelitian menunjukkan, pati resisten dalam pisang dapat membantumu menekan nafsu makan dan mengurangi lemak perut.

Yogurt

Mengutip dari laman Healthline, sebuah studi yang dilakukan terhadap 20 wanita menemukan kalau makan yogurt berprotein tinggi sebagai camilan, dapat menurunkan rasa lapar dan mengurangi asupan makanan hingga 100 kalori di kemudian hari.

Yogurt itu kaya akan protein dan telah dikaitkan dengan penurunan rasa lapar dan asupan makanan, jadi risiko kenaikan berat badan kamu jauh lebih rendah.

Nah, buat para pejuang diet jangan lewati sarapan ya! Pilih menu sarapan yang sehat dan mampu membantumu menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!